KELAYAKAN BUKU TEKS WIDYA ADI BASA JAWI KURIKULUM 2013 KELAS VII SMP TERBITAN TIGA SERANGKAI

Claodiana Puspita , 2601413043 (2017) KELAYAKAN BUKU TEKS WIDYA ADI BASA JAWI KURIKULUM 2013 KELAS VII SMP TERBITAN TIGA SERANGKAI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (623Kb)

    Abstract

    Buku teks merupakan buku yang memuat materi pembelajaran bagi peserta didik. Buku teks disusun berdasarkan standar nasional pendidikan dan juga disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Berdasarkan analisis awal, ditemukan beberapa kesalahan dalam buku teks Widya Adi Basa Jawi Kelas VII SMP Terbitan Tiga Serangkai baik dari aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, maupun kelayakan bahasa. Hal tersebut memunculkan dugaan bahwa masih terdapat kesalahan lain dalam buku teks Widya Adi Basa Jawi, sehingga perlu dilakukan analisis ulang. Berdasarkan paparan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kelayakan isi pada buku Widya Adi Basa Jawi Kelas 7 SMP terbitan Tiga Serangkai? 2) Bagaimana kelayakan penyajian pada buku Widya Adi Basa Jawi Kelas 7 SMP terbitan Tiga Serangkai? 3) Bagaimana kelayakan bahasa pada buku Widya Adi Basa Jawi Kelas 7 SMP terbitan Tiga Serangkai? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian evaluatif. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa, sedangkan sumber data berupa buku teks Widya Adi Basa Jawi kelas 7 terbitan Tiga Serangkai. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik simak, pilah, dan catat. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa buku teks Widya Adi Basa Jawi kelas 7 terbitan Tiga Serangkai dari aspek kelayakan isi memperoleh skor 20,75 dari skor maksimal 24 atau sebesar 86,46 % dengan kategori layak, dari aspek kelayakan penyajian memperoleh skor 29,9 dari skor maksimal 32 atau sebesar 93,4 % dengan kategori layak, dari aspek kelayakan bahasa memperoleh skor 14 dari skor maksimal 20 atau sebesar 70 % dengan kategori kurang layak. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan untuk buku teks Widya Adi Basa Jawi yaitu perlu adanya perbaikan pada aspek kebahasaan, karena tergolong kurang layak.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Buku teks, kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa.
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Sastra
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 20 Jul 2018 08:36
    Last Modified: 20 Jul 2018 08:36

    Actions (login required)

    View Item