PROSES PRODUKSI KETOPRAK ANAK: STUDI TERHADAP PEMENTASAN GRUP ATMOJO BUDOYO DESA KUDUR KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI

Sriatun Khasanah , 2601413028 (2017) PROSES PRODUKSI KETOPRAK ANAK: STUDI TERHADAP PEMENTASAN GRUP ATMOJO BUDOYO DESA KUDUR KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (525Kb)

    Abstract

    Melalui ekstra kurikuler drama ketoprak, siswa SD dapat belajar berbicara dalam bahasa Jawa dengan guru lengkap dengan segenap unggah-ngguh bahasa Jawa. Bakat tersebut dapat digunakan sebagai modal siswa untuk berbicara dalam bahasa Jawa dengan sarana mudah di sekolah. Namun, hingga kini belum ada deskripsi lengkap tentang proses produksi ketoprak anak (siswa SD). Penelitian ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses produksi ketoprak anak yang ada di Desa Kudur, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses produsi ketoprak anak. Penelitian ini menggunakan metode etnografis dan bersifat kualitatif. Metode etnografis digunakan untuk menjelaskan keadaan yang dipelajari (grup ketoprak anak) melalui tulisan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diambil dari kegiatan proses produksi ketoprak anak dari Desa Kudur, Kecamatan Winong Kabupaten Pati, yaitu grup Atmojo Budoyo yang mementaskan lakon Wedana Yuyu Rumpung Tundhung lan Dhalang Sapanyana. Data diambil dengan teknik observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian lapangan, hasil proses produksi ketoprak anak melewati tahapan-tahapan proses produksi yang dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu (1) tahap persiapan yang terdiri atas pemilihan naskah,pemilihan pemain (casting), publikasi, dan pemerolehan dana; (2) tahap latihan yang terdiri atas pembagian tim, olah vokal,latihan keaktoran, latihan rutin, pemadatan, geladi kotor, dan geladi bersih; (3) tahap pementasan yang terdiri dari tata panggung, tata dekor, tata musik, tata busana, tata rias, dan dokumentasi. Selain ketiga tahapan tersebut, pada tahap latihan, proses produksi ketoprak anak masih menyesuaikan jadwal anak-anak, karena ada jadwal sekolah pagi dan sekolah sore (ngaji). Para pemain masih terpacu pada teks. Proses produksi ketoprak anak tergolong singkat, ketika pada lakon-lakon sebelumnya berdurasi sekitar dua hingga tiga jam, pada lakon Wedana Yuyu Rumpung Tundhung lan Dhalang Sapanyana membutuhkan waktu 4-5 jam untuk waktu pementasan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: proses produksi, ketoprak anak
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Sastra
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 20 Jul 2018 08:29
    Last Modified: 20 Jul 2018 08:29

    Actions (login required)

    View Item