PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA UNTUK SISWA SD KELAS II DI KOTA SEMARANG

Yunaning Dwi Putranti , 1401413541 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA UNTUK SISWA SD KELAS II DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (770Kb)

    Abstract

    Menulis merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa, namun masih banyak terjadi permasalahan terutama dengan menggunakan huruf tegak bersambung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah profil media permainan ular tangga menulis kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung untuk siswa kelas II SD? (2) bagaimanakah penilaian ahli media dan ahli materi terhadap prototype media permainan ular tangga untuk pembelajaran menulis kalimat sederhana sesuai EYD dan tanda baca untuk siswa kelas II SD?(3) bagaimanakah uji keefektifan terhadap media permainan ular tangga untuk pembelajaran menulis kalimat sederhana terbatas pada siswa kelas II B SD Islam Siti Sulaechah 01 Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan ular tangga untuk pembelajaran menulis kalimat sederhana pada siswa kelas II, yakni (1) mendeskripsi profil kalimat sederhana dengan menggunakan EYD pada pembelajaran menulis kalimat sederhana kelas II SD; (2) mendeskripsi penilaian ahli media dan ahli materi terhadap prototype media permainan ular tangga untuk pembelajaran menulis kalimat sederhana; (3) mendeskripsi uji efektifitas terhadap alat peraga permainan ular tangga untuk pembelajaran menulis kalimat sederhana terbatas pada siswa kelas II B SD Islam Siti Sulaechah 01 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan pada teori Borg dan Gall (Sugiyono, 2015:35) namun hanya menggunakan tujuh tahap penelitian yaitu: (1) tahap survei pendahuluan; (2) tahap awal pengembangan prototype; (3) tahap desain produk; (4) tahap validasi desain; (5) tahap revisi dan perbaikan desain; dan (6) tahap uji coba produk; (7) tahap revisi produk dan penyusunan hasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan sebagai berikut: (a) siswa dan guru membutuhkan media permainan ular tangga berukuran besar dengan warna yang menarik, dan kartu gambar tentang kegiatan anak; (b) kelayakan penggunaan media permainan ular tangga menulis kalimat sederhana oleh ahli materi adalah 84 dan ahli media mendapat hasil 88 termasuk dalam kriteria sangat valid. (c) rata-rata hasil penilaian menulis kalimat pada uji efektifitas mendapatkan rata-rata 78,42 dengan ketuntasan 100%. Berdasarkan hasil penelitian yang ditunjukkan dengan hasil uji efektifitas dengan ketuntasan 100% mengartikan bahwa produk media ular tangga menulis kalimat sederhana sangat layak untuk digunakan. Peneliti memberikan saran untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung menggunakan media permainan ular tangga menulis kalimat sederhana.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: menulis kalimat sederhana, ular tangga.
    Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
    P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Writing
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 16 Jul 2018 10:40
    Last Modified: 16 Jul 2018 10:40

    Actions (login required)

    View Item