HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DAN SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SDN GUGUS DWARAWATI BANYUMANIK KOTA SEMARANG

Agung Sriyanto , 1401413536 (2017) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DAN SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SDN GUGUS DWARAWATI BANYUMANIK KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (800Kb)

    Abstract

    Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal antara lain faktor internal yaitu kebiasaan membaca dan faktor eksternal sumber belajar. Kebiasaan membaca yang termasuk dalam faktor internal dari diri siswa ini diarahkan untuk dapat mendukung keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Selain membiasaan membaca, faktor eksternal sumber belajar sekolah juga sangat diperlukan agar pembelajaran berlangsung efektif. Tujuan penelitian ini untuk menguji hubungan antara kebiasaan membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia, sumber belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia, kebiasaan membaca dan sumber belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kolerasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Gugus Dwarawati Banyumanik Kota Semarang yang berjumlah 147 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah tehnik cluster sampling (Area Sampling) sebanyak 50 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, kuesioner atau angket, dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil analisis data menggunakan rumus Product Moment dan bantuan program SPSS 21 diperoleh: 1) hasil hitung > tabel (0,890 > 0,279) termasuk kategori sangat kuat; 2) hasil hitung > tabel (0,704 > 0,279) termasuk kategori kuat; 3) hasil hitung > tabel (0,926 > 0,279) termasuk kategori sangat kuat; 4) besar koefisien determinasi (KP) = 0,857476, ini berarti kontribusi kebiasaan membaca dan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa adalah 85,7% dan sisanya 14,3% disumbang oleh faktor lain. Simpulan penelitian ini menunjukkan: 1) ada hubungan signifikan kebiasaan antara membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia; 2) ada hubungan signifikan antara sumber belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia; 3) ada hubungan signifikan antara kebiasaan membaca dan sumber belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas III SDN Gugus Dwarawati Banyumanik Kota Semarang. Saran sekolah hendaknya memberikan perhatian yang intensif dan berkesinambungan terhadap kebiasaan membaca serta sumber belajar siswa sehinga diharapkan mendapatkan hasil belajar yang optimal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kebiasaan membaca, sumber belajar, hasil belajar bahasa Indonesia
    Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
    L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
    P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Reading > reading habits
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 16 Jul 2018 10:28
    Last Modified: 16 Jul 2018 10:28

    Actions (login required)

    View Item