HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V SDN GUGUS TILOMOYO KABUPATEN MAGELANG

Faiqul Fikri , 1401413531 (2017) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V SDN GUGUS TILOMOYO KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (846Kb)

    Abstract

    Motivasi belajar yang baik akan mendukung keberhasilan pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dengan adanya kemandirian belajar siswa yang efektif dan efisien, akan mendukung tercapainya hasil belajar yang baik. Data awal yang diperoleh peneliti pada siswa kelas V semester I menunjukkan masih banyak siswa yang hasil belajarnya kurang maksimal. Hal ini disebabkan oleh faktor kurangnya motivasi belajar dan kemandirian belajar. Rumusan masalah yang digunakan yaitu: apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan kemandirian dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Gugus Tilomoyo Kabupaten Magelang? Tujuan penelitian ini untuk menguji hubungan antara motivasi dan kemandirian siswa dengan hasil belajar bahasa Indonesia kelas V SDN Gugus Tilomoyo Kabupaten Magelang. Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Tilomoyo Kabupaten Magelang yang berjumlah 72 siswa, teknik pengambilan sampel dengan teknik non-probability sampling yang berupa sampel jenuh, dimana semua anggota populasi akan dijadikan sampel sehingga diperoleh sampel 42 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan yaitu angket motivasi belajar, angket kemandirian belajar, dan lembar wawancara motivasi belajar. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas. Analisis data akhir menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara motivasi belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia diperoleh nilai rhitung > rtabel (0,779 > 0,304), dengan demikian Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia; ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia; ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia. Saran dari peneliti yaitu agar guru dapat berperan penuh dalam menumbuhkan motivasi belajar dan kemandirian belajar siswa, dan siswa lebih tekun dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian belajar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: bahasa Indonesia; hasil belajar; kemandirian belajar; motivasi belajar.
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > independence
    L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
    L Education > L Education (General) > motivation to learn
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 16 Jul 2018 10:41
    Last Modified: 16 Jul 2018 10:41

    Actions (login required)

    View Item