PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS PUISI DENGAN MEDIA POP-UP BOOK SISWA KELAS III

Nita Aryanti , 1401413528 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS PUISI DENGAN MEDIA POP-UP BOOK SISWA KELAS III. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (656Kb)

    Abstract

    Masalah penting yang sering dihadapi guru dalam kegiatan pembelajaran adalah memilih dan menentukan materi pembelajaran atau bahan ajar yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi. Rendahnya rata-rata nilai siswa pada kompetensi dasar menulis puisi yaitu 66,9, karena kurangnya minat untuk menulis puisi dan bahan ajar yang digunakan belum bervariasi. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah bentuk buku panduan menulis puisi dengan media pop-up book siswa kelas III?. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan menulis puisi dengan media pop-up book pada siswa kelas III SD yakni, (1) mengkaji desain buku panduan pada pembelajaran menulis puisi dengan media pop-up book untuk siswa kelas III, (2) menguji kelayakan media dan materi terhadap prototype buku panduan menulis puisi dengan media pop-up book untuk siswa kelas III, dan (3) menguji keefektifan buku panduan menulis puisi terhadap hasil belajar pada siswa kelas III SDN Bumirejo 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan dengan sepuluh tahap pelaksanaan mengacu pada teori Borg dan Gall (Sukmadinata, 1983: 775) menjadi tujuh tahap. Hal ini dilakukan dengan alasan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Tujuh tahap pelaksanaan penelitian sebagai berikut: (1) tahap pengukuran kebutuhan dan studi literatur; (2) tahap pengembangan draf produk; (3) tahap uji coba lapangan; (4) tahap revisi hasil uji coba; (5) tahap penyempurnaan produk akhir; dan (6) tahap mendeskripsikan penggunaan buku panduan yang belum teruji tingkat keefektifannya; (7) tahap uji keefektifan pada siswa kelas III SDN Bumirejo 01. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: (a) desain buku panduan, siswa dan guru membutuhkan buku yang menarik baik dari sampul sampai ke isi buku, mudah dibawa kemana-mana, menggunakan bahasa baku, sederhana, dan komunikatif sehingga memudahkan siswa untuk mempelajarinya, (b) penilaian kelayakan ahli media sebesar 98% dan penilaian ahli materi sebesar 79,6%, (c) Simpulan tentang uji keefektifan pada siswa kelas III SDN Bumirejo 01 Kabupaten Pati, menghasilkan rata-rata nilai 86,5 dengan ketuntasan belajar 100% dan terdapat peningkatan hasil belajar dengan nilai Ngain sebanyak 0,7 termasuk kategori tinggi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: buku panduan, menulis puisi, pop-up book, siswa kelas III.
    Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
    P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature > Poetry
    P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Writing
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 16 Jul 2018 10:02
    Last Modified: 16 Jul 2018 10:02

    Actions (login required)

    View Item