HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN BERORGANISASI LEMBAGA KEMAHASISWAAN DENGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KOMPETENSI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA PGSD FIP UNNES

Moh. Syamsudin Baharsyah , 1401413512 (2017) HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN BERORGANISASI LEMBAGA KEMAHASISWAAN DENGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KOMPETENSI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA PGSD FIP UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (786Kb)

    Abstract

    Salah satu sikap dalam kompetensi kepribadian yang perlu dikembangkan sesuai dengan Permendiknas No. 16 Tahun 2007 adalah kepercayaan diri seorang guru. Sedangkan kompetensi sosial yang merupakan kemampuan guru dalam berkomunikasi secara efektif dengan seluruh elemen pendidikan di sekolah erat kaitannya dengan kompetensi interpersonal. Pada lingkup mahasiswa PGSD FIP UNNES yang nantinya akan menjadi seorang guru, kepercayaan diri dan kompetensi interpersonalnya tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menemukan hubungan keaktifan berorganisasi lembaga kemahasiswaan dengan kepercayaan diri dan kompetensi interpersonal pada mahasiswa PGSD FIP UNNES. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 283 siswa. Pengambilan sampel dengan proportional random sampling diperoleh 85 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Sedangkan teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi product moment dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keaktifan berorganisasi lembaga kemahasiswaan pada mahasiswa PGSD FIP UNNES berada pada tingkat kategori sangat tinggi dengan skor rata-rata sebesar 80,99. Kepercayaan diri pada mahasiswa PGSD FIP UNNES yang aktif berorganisasi berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata sebesar 85,88. Kompetensi interpersonal berada pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata skor sebesar 94,74, (2) hubungan keaktifan berorganisasi dengan kepercayaan diri sebesar 58% dan nilai rhitung sebesar 0,764 dengan nilai signifikansi 0,05; (3) hubungan lingkungan teman sebaya dengan motivasi belajar siswa sebesar 56% dan nilai rhitung sebesar 0,747 dengan nilai signifikansi 0,05. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan berorganisasi dengan kepercayaan diri dan kompetensi interpersonal pada mahasiswa PGSD FIP UNNES. Saran dalam penelitian ini yaitu mahasiswa dapat berkontribusi secara aktif ketika berorganisasi sehingga kepercayaan diri dan kompetensi interpersonal semakin meningkat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: keaktifan berorganisasi, kepercayaan diri, kompetensi interpersonal
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Confidence
    L Education > L Education (General) > interpersonal competence
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 13 Jul 2018 09:52
    Last Modified: 13 Jul 2018 09:52

    Actions (login required)

    View Item