PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR PADA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN PEMALANG

Dina Ria Annisa , 1401413509 (2017) PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR PADA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (772Kb)

    Abstract

    Kurikulum 2013 sebagai kurikulum terbaru yang diterapkan pemerintah pada saat ini memunculkan persepsi yang berbeda-beda dari kalangan guru sebagai pelaksana kurikulum dalam proses pembelajaran. Persepsi guru dalam menerapkan Kurikulum 2013 baik secara langsung maupun tidak langsung, berpengaruh terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakannya. Dalam pembelajaran di SD Negeri se-Kecamatan Pemalang yang sudah menerapkan Kurikulum 2013, terdapat beberapa guru yang belum bisa menerapkan Kurikulum 2013 secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh persepsi guru tentang penerapan Kurikulum 2013 terhadap motivasi kerja dan keterampilan dasar mengajar.. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah guru kelas I dan kelas IV SD Negeri se- Kecamatan Pemalang yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 yaitu berjumlah 81 orang guru. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan cara undian dan diperoleh sampel sebanyak 44 orang guru. Data penelitian diperoleh dengan angket dan lembar observasi pembelajaran di kelas I dan kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan persepsi guru tentang penerapan Kurikulum 2013 terhadap motivasi kerja guru di SD Negeri se-Kecamatan Pemalang yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 yaitu sebesar 87,2%. Ada pengaruh yang signifikan dari persepsi guru tentang penerapan Kurikulum 2013 terhadap keterampilan dasar mengajar pada guru SD Negeri se- Kecamatan Pemalang yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 yaitu sebesar 89,4%. Dan ada hubungan yang kuat antara motivasi kerja dan keterampilan dasar mengajar pada guru SD Negeri se-Kecamatan Pemalang dengan nilai korelasi korelasi sebesar 0,980. Berdasarkan hasil tersebut guru sebaiknya mempertahankan persepsi yang positif tentang penerapan Kurikulum 2013. Dengan persepsi yang positif tersebut, guru menjadi lebih bersemangat dalam melaksanakan tugasnya sehingga akan berusaha meningkatkan keterampilan dasar mengajar yang dimilikinya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: keterampilan dasar mengajar; motivasi kerja; persepsi guru tentang penerapan Kurikulum 2013
    Subjects: L Education > L Education (General) > perceptions of teachers
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 12 Jul 2018 14:32
    Last Modified: 12 Jul 2018 14:32

    Actions (login required)

    View Item