HUBUNGAN MINAT BACA DAN KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI LATAR CERPEN SISWA KELAS IV SDN GUGUS DRUPADI KOTA SEMARANG

Nurul Dian Rahmawati , 1401413382 (2017) HUBUNGAN MINAT BACA DAN KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI LATAR CERPEN SISWA KELAS IV SDN GUGUS DRUPADI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (777Kb)

    Abstract

    Proses belajar dan mengajar di sekolah, salah satu kegiatan utamanya adalah membaca. Kebiasaan rajin membaca buku yang dilakukan anak sangat ditentukan oleh minat anak terhadap aktivitas tersebut. Keinginan anak untuk membaca juga menunjukkan seberapa dalam pemahaman dan pengetahuan yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan positif dan signifikan minat baca dan kebiasaan membaca dengan kemampuan mengidentifikasi latar cerpen. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Terdapat dua variabel bebas yaitu minat baca dan kebiasaan membaca, serta variabel terikat yaitu kemampuan mengidentifikasi latar cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Drupadi Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling, jumlah sampel 117 siswa. Teknik pengambilan data dengan menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas instrumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan minat baca dengan kemampuan mengidentifikasi latar cerpen dengan thitung sebesar 8,828 signifikansi 0,000; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan kebiasaan membaca dengan kemampuan mengidentifikasi latar cerpen dengan thitung sebesar 4,459, signifikansi 0,000; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan minat baca dan kebiasaan membaca dengan kemampuan mengidentifikasi latar cerpen dengan Fhitung sebesar 97,867 signifikansi 0,000; (4) konstribusi minat baca dengan kemampuan mengidentifikasi latar cerpen 40,57%; (5) konstribusi kebiasaan membaca dengan kemampuan mengidentifikasi latar cerpen 14,22 %; (6) konstribusi minat baca dan kebiasaan membaca dengan kemampuan mengidentifikasi latar cerpen 62,5%. Simpulan peneitian ini menunjukkan adanya hubungan yang positif antara minat baca dan kebiasaan membaca dengan kemampuan mengidentifikasi latar cerpen siswa kelas IV SDN Gugus Drupadi Kota Semarang. Saran bagi orang tua agar lebih memberikan bimbingan dan perhatian kepada siswa terhadap kegiatan belajar khususnya membaca agar siswa memiliki kebiasaan membaca yang baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: minat baca; kebiasaan membaca; kemampuan mengidentifikasi latar cerpen.
    Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Reading > Reading Interest
    P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Reading > reading habits
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 28 Jun 2018 13:33
    Last Modified: 28 Jun 2018 13:33

    Actions (login required)

    View Item