KEGIATAN MENCETAK SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN BAKAT DAN KREATIVITAS DALAM BERKARYA SENI RUPA DUA DIMENSI PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 1 PAGERALANG KABUPATEN BANYUMAS

Alfi Ngabidatul Khanifah , 1401413376 (2017) KEGIATAN MENCETAK SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN BAKAT DAN KREATIVITAS DALAM BERKARYA SENI RUPA DUA DIMENSI PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 1 PAGERALANG KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (855Kb)

    Abstract

    Seni memberikan pengaruh dalam pendidikan siswa untuk mengembangkan kreativitas. Bentuk kreativitas seni rupa di sekolah dasar dapat diwujudkan berupa kegiatan praktik berkarya kreatif dan kegiatan bereksplorasi melalui media seni rupa seperti mencetak. Berdasarkan hal tersebut permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah proses pembelajaran mencetak bagi siswa kelas II SD Negeri 1 Pageralang, (2) bagaimanakah hasil karya mencetak sebagai wujud bakat dan kreativitas siswa kelas II di SD Negeri 1 Pageralang, dan (3) apakah yang menjadi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran mencetak bagi siswa kelas II di SD Negeri 1 Pageralang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berbentuk deskriptif. Sasaran dalam penelitian ini antara lain keseluruhan siswa kelas IIB, guru kelas IIB, kepala sekolah, serta sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran SBK di SD Negeri 1 Pageralang Kabupaten Banyumas. Langkahlangkah yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah: (1) observasi, (2) wawancara, (3) angket, dan (4) dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran mencetak terbagi menjadi beberapa kegiatan yang ditempuh yaitu, kegiatan prapembelajaran, kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Guru dalam melakukan penilaian perlu memerhatikan komposisi, alat cetak, kombinasi warna, dan keindahan. Faktor pendukungnya adalah sarana prasarana terkait perpustakaan dan koperasi sekolah, kondisi lingkungan sekolah yang bersih dan aman, serta peran orang tua dalam menyiapkan alat dan bahan mencetak bagi putra-putrinya. Faktor penghambat dalam kegiatan mencetak adalah sarana dan prasarana yang masih kurang, kemampuan guru yang kurang memahami materi, waktu pelaksanaan yang terbatas, dan karakteristik siswa kelas rendah. Berdasarkan hasil penelitian di SD Negeri 1 Pageralang, penulis dapat memberikan beberapa saran sebagai berikut: (1) guru dapat melaksanakan pembelajaran seni rupa dengan baik dan maksimal, (2) guru sebaiknya dapat menggunakan media pada saat menjelaskan materi kepada siswa, (3) sarana dan prasarana sekolah sebaiknya lebih diperbaiki lagi demi kenyamanan seluruh warga sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran, (4) penggunaan perpustakaan lebih dimaksimalkan lagi, dan (5) sekolah sebaiknya membuat kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan seni rupa karena karena siswa juga banyak yang memiliki bakat dan kreativitas di bidang seni rupa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: bakat, kreativitas, dan pembelajaran mencetak.
    Subjects: L Education > LC Special aspects of education > Vocational Skill > talent development
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 28 Jun 2018 08:35
    Last Modified: 28 Jun 2018 08:35

    Actions (login required)

    View Item