PENGARUH KARAKTER TOKOH DAN AMANAT DALAM CERPEN TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS IVSDN GUGUS DRUPADI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG

SASTRI RAHAYU , 1401413372 (2017) PENGARUH KARAKTER TOKOH DAN AMANAT DALAM CERPEN TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS IVSDN GUGUS DRUPADI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa sarana sumber bacaan siswa di kelas IV belum begitu baik., sumber bacaan khusunya cerpen merujuk pada karakter tokoh dan amanat dalam cerpen. Pengawasan sumber bacaan oleh guru dan orang tua siswapun masih kurang. Kualitas perilaku siswa kurang begitu baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh karakter tokoh perilaku siswa; (2) pengaruh amanat dalam cerpen terhadap perilaku siswa; (3) pengaruh karakter tokoh dan amanat dalam cerpen terhadap perilaku siswa. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Terdapat dua variabel bebas yaitu karakter tokoh dan amanat dalam cerpen, serta variabel terikat yaitu perilaku siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik propotional randomsampling dengan jumlah sampel 177 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan statsistik deskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakter tokoh dengan persentase sebesar 44,5% (52 siswa) berada dalam kategori sangat baik; (2) amanat dalam cerpen dengan persentase sebesar 35,89% (42 siswa) berada dalam kategori sangat baik; (3) perilaku siswa dengan persentase sebesar 65,81% (77 siswa) berada dalam kategori baik; (4) hasil penelitian menunjukkan besarnya pengaruh karakter tokoh terhadap perilaku siswa sebesar 39,4% dengan nilai rhitung sebesar 0,628 dan nilai signifikansi 0,05; (5) hasil penelitian menunjukkan besarnya pengaruh amanat dalam cerpen terhadap perilaku siswa sebesar 43,5% dengan nilai rhitung sebesar 0,659 dan nilai signifikansi 0,05; dan (6) hasil penelitian menunjukkan besarnya pengaruh karakter tokoh dan amanat dalam cerpen terhadapperilaku siswa sebesar 55,9% dengan nilai rhitung sebesar 0,748 dan nilai signifikansi 0,05. Simpulan peneitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif anatara karakter tokoh dan amanat dalam cerpen terhadap perilaku siswa kelas IV SDN Gugus Drupadi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Saran bagi guru dan orang tua agar lebih memberikan pengawasan dan arahan sumber bacaan cerita yang sering siswa baca agar dapat meningkatkan kualitas perilaku siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: amanat dalam cerpen; cerpen; karakter tokoh; perilaku siswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Student Behavior
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi perpus unnes
Date Deposited: 28 Jun 2018 08:27
Last Modified: 28 Jun 2018 08:27

Actions (login required)

View Item