PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD/MI SE-SARWAS 1 KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG

Arum Amalia , 1401413236 (2017) PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD/MI SE-SARWAS 1 KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

IPS adalah mata pelajaran dengan rumpun sosial. Pada pembelajaran IPS, Hasil belajar mencangkup segala hal yang dipelajari baik itu menyangkut pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang berkaitan dengan mata pelajaran IPS yang di berikan kepada siswa. Hasil belajar siswa dipengaruhi berbagai faktor salah satunya faktor kecerdasan. kecerdasan intrapersonal dan interpersonal merupakan kecerdasan yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Hal ini disebabkan adanya keterkaitan tujuan pembelajaran IPS denag aspek-aspek yang terdapat dalam kecerdasan intrapersonal dan interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intrapersonal dan interpersonal terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD/MI Se Sarwas 1 Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Desain penelitian ini menggunaan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD/MI Se-Sarwas 1 Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang sebanyak 333 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Probability Sampling dengan jenis simple random sampling. Jumlah sampel yag diambil dalam penelitian ini menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% sehingga sampel berjumlah 177 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrument kecerdasan intrapersonal dan interpersonal serta dokumentasi hasil belajar IPS. Teknik analisis data meliputi analisis statistik deskripsi, uji prasyarat analisis, uji T, Analisis Regresi Sederhana, Analisis Regresi Berganda, Koefisien Determinan dan Uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kecerdasan intrapersonal kelas V lebih dari 75%; (2) Kecerdasan interpersonal siswa kelas V lebih rendah dari 75%; (3) hasi lbelajar IPS kelas V lebih rendah dari 75%; (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terdapat kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar IPS dengan sumbangan pengaruh sebesar 8,5%; (5)terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar IPS dengan sumbangan pengaruh sebesar 4,8%; (6) terdapat hubungan pada taraf sedang antara kecerdasan intrapersonal dengan kecerdasan interpersonal dibuktikan dari nilai R yaitu sebesar 0,476; (7) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar IPS dengan sumbangan pengaruh sebesar 9,3 %.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, keceradasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Emotional Intelligence
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi perpus unnes
Date Deposited: 22 Jun 2018 08:40
Last Modified: 22 Jun 2018 08:40

Actions (login required)

View Item