HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS II SD GUGUS GAJAHMADA KECAMATAN GAJAHMUNGKUR KOTA SEMARANG

Ilham Rahayu Ulum , 1401413137 (2017) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS II SD GUGUS GAJAHMADA KECAMATAN GAJAHMUNGKUR KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Kualitas pendidikan di Indonesia berdasarkan laporan Depdiknas tahun 2007 bahwa pelaksanaan pembelajaran PKn kurang optimal karena adanya ketidakseimbangan antara ranah kompetensi PKn. Aspek sikap proporsinya relatif lebih sedikit bila dibandingkan dengan ranah pengetahuan. Permasalahan juga terjadi di SD Gugus Gajahmada Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang dari data hasil belajar PKn siswa kelas II masih terdapat siswa yang mendapat nilai dibawah KKM sebesar 32,43%. Rumusan masalah yaitu bagaimanakah hubungan kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar PKn, bagaimanakah hubungan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar PKn, bagaimanakah hubungan kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar PKn. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar PKn, mengetahui hubungan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar PKn, mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar PKn. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasi kausal. Populasi 187 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proposionate Stratified Random Sampling, diperoleh sampel 126 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji analisis data menggunakan analisis deskripstif, analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda menggunakan rumus Product Moment. Hasil analisis deskriptif kecerdasan emosional, motivasi dan hasil belajar PKn dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PKn sebesar 0,839; (2) terdapat hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn sebesar 0,860; serta (3) terdapat hubungan kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn sebesar 0,865. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn di SD Gugus Gajahmada Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang. Saran yang dapat diberikan adalah perlu adanya pendampingan kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn, agar hasil belajar tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; PKn; kecerdasan emosional; motivasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Emotional Intelligence
L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi perpus unnes
Date Deposited: 06 Jun 2018 09:05
Last Modified: 06 Jun 2018 09:05

Actions (login required)

View Item