HUBUNGAN JENIS KELAMIN DAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SD GUGUS KAWI KOTA SEMARANG

AHSINUNNIKMAH , 1401413108 (2017) HUBUNGAN JENIS KELAMIN DAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SD GUGUS KAWI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (761Kb)

    Abstract

    Pembelajaran seni tari yang diselenggarakan sekolah melalui ekstrakurikuler seni tari dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya faktor fisiologis peserta didik, termasuk didalamnya jenis kelamin, dan motivasi dari orang tua. Observasi awal menunjukkan di SD Gugus Kawi Kota Semarang peserta didik laki-laki mendapatkan hasil belajar ekstrakurikuler seni tari yang lebih rendah dibandingkan peserta didik perempuan. Permasalahan lain adalah rendahnya motivasi orang tua. Sehingga dirumuskan masalah: (1)Bagaimanakah hubungan jenis kelamin terhadap hasil belajar ekstrakurikuler seni tari? (2)Bagaimanakah hubungan motivasi orang tua terhadap hasil belajar ekstrakurikuler seni tari? (3)Bagaimanakah hubungan jenis kelamin dan motivasi orang tua terhadap hasil belajar ekstrakurikuler seni tari?. Tujuan penelitian adalah untuk: (1)Mengetahui bagaimanakah hubungan jenis kelamin terhadap hasil belajar ekstrakurikuler seni tari. (2)Mengetahui bagaimanakah hubungan motivasi orang tua terhadap hasil belajar ekstrakurikuler seni tari. (3)Mengetahui bagaimanakah hubungan jenis kelamin dan motivasi orang tua terhadap hasil belajar ekstrakurikuler seni tari. Penelitian menggunakan metode kuantitaf jenis penelitian korelasional untuk menguji hubungan tiga variabel. Populasinya 166 peserta didik di SD Gugus Kawi yang mengikuti ekstrakurikuler seni tari. Sampel 118 ditentukan dengan teknik quota sampling. Teknik pengumpulan data yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan teknik korelasi point biserial¸ product moment, dan korelasi ganda, menggunakan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan jenis kelamin terhadap hasil belajar ekstrakurikuler seni tari yang signifikan dengan koefisien korelasi 0,793>0,361 dan kontribusi sebesar 62,88%; Ada hubungan motivasi orang tua terhadap hasil belajar ekstrakurikuler seni tari yang signifikan dengan koefisien korelasi 0,448>0,361 dan kontribusi sebesar 20,07%; Ada hubungan jenis kelamin dan motivasi orang tua terhadap hasil belajar ekstrakurikuler seni tari yang signifikan dengan koefisien 0,826>0,361 dan kontribusi sebesar 68,23%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada hubungan jenis kelamin terhadap hasil belajar ekstrakurikuler seni tari, ada hubungan motivasi orang tua terhadap hasil belajar ekstrakurikuler seni tari, dan ada hubungan jenis kelamin dan motivasi orang tua terhadap hasil belajar ekstrakurikuler seni tari di SD Gugus Kawi Kota Semarang. Saran penelitian yaitu orang tua untuk lebih memahami karakter, bakat, dan potensi anak dan senantiasa memberi motivasi; Peserta didik lebih mengenali diri dan potensi serta termotivasi untuk mengembangkan kemampuannya; Guru dan Kepala Sekolah dapat mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan pendekatan kepada peserta didik, serta meningkatkan kerja sama dengan orang tua.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil belajar ekstrakurikuler seni tari, jenis kelamin, motivasi orang tua.
    Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Gender
    L Education > L Education (General) > motivation to learn
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 05 Jun 2018 12:40
    Last Modified: 05 Jun 2018 12:40

    Actions (login required)

    View Item