KESIAPAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL

Ulfa Rizki Fitriyani , 1401413091 (2017) KESIAPAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (849Kb)

    Abstract

    Pendidikan SBK diberikan di sekolah karena keunikannya yang tak mampu di emban oleh mata pelajaran lain. Salah satu pendidikan SBK adalah seni rupa. Kegiatan dalam pembelajaran seni rupa meliputi jenis kegiatan atau karya seni rupa yang diberikan melalui kegiatan belajar aktif dan memerhatikan tahaptahap perkembangan dalam seni rupa anak, sehingga akan tercipta karya seni sebagai bentuk ekspresi diri dengan kemampuan intelektual peserta didik. Pentingnya pendidikan seni rupa tersebut, diharapkan guru yang mengajar terutama guru SD memiliki kesiapan dalam pembelajaran seni rupa. Oleh karena itu, diperlukan kesiapan dari berbagai pihak, salah satunya adalah guru sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru sekolah dasar di Gugus Ki Hajar Dewantara dalam pembelajaran seni rupa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitaif. Variabel penelitian ini yaitu kesiapan guru dalam pembelajaran seni rupa berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan, dengan enam dimensi yaitu kondisi fisik dan mental yang sehat, kondisi emosional yang stabil, motivasi yang tinggi dalam pembelajaran seni rupa, pengetahuan tentang seni rupa yang luas, dan keterampilan dalam pembelajaran seni rupa. Populasi dalam penelitian ini ialah para guru sekolah dasar di Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal yang berjumlah 55 orang, meliputi yaitu SD Negeri Dermasuci 01, SD Negeri Pener 01, SD Negeri Pener 02, SD Negeri Pener 03, SD Negeri Penusupan 01, SD Negeri Penusupan 02, SD Negeri Penusupan 03, dan SD Negeri Penusupan 04. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Berdasarkan uji validitas, diperoleh 77 item pernyataan valid dengan koefisien validitas angket antara 0,444 sampai 0,876, sedangkan reliabilitas angket menunjukkan angka 0.961. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kesiapan guru dalam pembelajaran seni rupa berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan secara umum tergolong dalam kategori sedang. Hasil perhitungan 55 responden, diperoleh mean sebesar 200,29 yang berada diantara interval 154-231. Dari enam dimensi kesiapan, dimensi memiliki pengetahuan yang luas dan keterampilan mengajar dalam pembelajaran seni rupa masih tergolong sedang. Dimensi lain yaitu kondisi fisik dan mental yang sehat, kondisi emosional yang stabil, dan motivasi yang tinggi dalam pembelajaran seni rupa berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar para guru lebih memperluas pengetahuan mengenai seni rupa, serta meningkatkan kualitasnya keterampilan mengajar dalam pembelajaran seni rupa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kesiapan Guru; Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; Seni Rupa.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 05 Jun 2018 11:13
    Last Modified: 05 Jun 2018 11:13

    Actions (login required)

    View Item