FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN BERMAIN PIANIKA DI SD NEGERI GUGUS GAJAH MADA KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA

Agnes Puspita Lukis Kuswandari , 1401413048 (2017) FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN BERMAIN PIANIKA DI SD NEGERI GUGUS GAJAH MADA KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (915Kb)

    Abstract

    Pendidikan musik dapat diberikan melalui kegiatan pengalaman musik, kegiatan ini dapat berupa mendengarkan, bernyanyi, bermain, bergerak, membaca musik, dan kreativitas siswa. Pada pembelajaran bermain pianika di kelas V SD Negeri Gugus Gajah Mada Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara masih mengalami hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat faktor-faktor penghambat siswa dalam pembelajaran bermain pianika. Faktor yang dianalisis meliputi faktor internal yang terdiri dari faktor psikologis dan faktor eksternal yang terdiri dari faktor keluarga, sekolah, dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Gugus Gajah Mada yang berjumlah 128 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis proportional sampling dan diperoleh sampel sebanyak 97 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh dengan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum gambaran tingkat faktorfaktor penghambat siswa dalam pembelajaran bermain pianika tergolong sedang. Hasil perhitungan nilai indeksnya sebesar 60,67%. Hasil perhitungan faktor psikologis memeroleh nilai indeks sebesar 59,53%, faktor keluarga sebesar 60,16%, faktor sekolah sebesar 61,15%, faktor masyarakat sebesar 64,14%. Semua faktor berada di persentase rata-rata 50,01-75-00, sehingga termasuk kategori sedang. Maka hendaknya siswa lebih meningkatkan keminginannya untuk belajar seni musik khususnya pianika. Untuk mengasah kedisiplinan siswa juga harus belajar masuk kelas tepat waktu. Guru harus meningkatkan pengetahuan dan potensinya pada pembelajaran seni musik agar pembelajaran semakin maksimal dan tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. Bimbingan dan dukungan orangtua sangan dibutuhkan siswa dan fasilitas yang menunjang pembelajaran siswa akan membantu siswa dalam mencapai prestasi belajar yang sebaik-baiknya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: faktor-faktor penghambat; pembelajaran; pianika
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 05 Jun 2018 08:49
    Last Modified: 05 Jun 2018 08:49

    Actions (login required)

    View Item