HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS HM. SARBINI KABUPATEN KEBUMEN

Thangeswari , 1401413024 (2017) HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS HM. SARBINI KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1142Kb)

    Abstract

    Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor intern dan faktor ekstern. Salah satunya yaitu kemandirian belajar dan interaksi sosial. Berdasarkan Laporan Prosiding Nasional Seminar dan Lokakarya Penulisan Karya Ilmiah “Problematika Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar”, bahwa pembelajaran IPS secara umum di jenjang Sekolah Dasar (SD), seperti kurangnya minat dan keaktifan peserta didik, pembelajaran IPS di SD selama ini dinilai membosankan dikarenakan guru pada umumnya masih menerapkan paradigma pendidikan lama yang masih bersifat teacher center. Rumusan masalah dalam penelitian ini: apakah ada hubungan antara interaksi sosial siswa dengan hasil belajar IPS, kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar IPS, serta interaksi sosial dan kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar IPS kelas IV SDN Gugus HM. Sarbini Kabupaten Kebumen? Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan hubungan antara interaksi sosial siswa dengan hasil belajar IPS, kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar IPS, serta interaksi sosial dan kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar IPS kelas IV SDN Gugus HM. Sarbini Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik samping jenuh yaitu semua anggota populasi dijadikan sampel. Sampel penelitian yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Gugus HM. Sarbini Kabupaten Kebumen yang berjumlah 90 siswa. Hasil analisis data menggunakan rumus Product Moment dengan berbantuan program SPSS 24, diperoleh: 1) hasil rx1y hitung > rtabel (0,780 > 0,207) termasuk kategori kuat; 2) hasil rx2y hitung > rtabel (0,867 > 0,207) termasuk kategori sangat kuat; 3) hasil rx1x2y hitung > rtabel (0,904 > 0,207) termasuk kategori sangat kuat; 4) besar koefisien determinasi = 0,824, ini berarti kontribusi interaksi sosial dan kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar IPS adalah 82,4% dan sisanya sebesar 17,6% disumbangkan oleh faktor lain yang tidak diteliti peneliti. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi sosial siswa dan hasil belajar IPS, kemandirian belajar siswa dan hasil belajar IPS, serta interaksi sosial dan kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar IPS Kelas IV SDN Gugus HM. Sarbini Kabupaten Kebumen. Saran yang diberikan guru untuk membina interaksi sosial siswa, dengan meningkatkan tingkat umpan balik siswa, untuk membina kemandirian belajar siswa, dengan meningkatkan kemantapan diri siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: hasil belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial; interaksi sosial; kemandirian belajar
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Social Relation
    L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 31 May 2018 09:08
    Last Modified: 31 May 2018 09:08

    Actions (login required)

    View Item