PENGARUH LAYANAN INFORMASI BIDANG SOSIAL DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 2 KAJEN TAHUN AJARAN 2017/2018

Aulia Dwikintari , 1301413025 (2017) PENGARUH LAYANAN INFORMASI BIDANG SOSIAL DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 2 KAJEN TAHUN AJARAN 2017/2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (702Kb)

    Abstract

    Penelitan ini dilakukan berdasarkan pada fenomena di kelas VIII F SMP N 2 Kajen yang memiliki sikap kurang mampu menyesuaiakan diri dengan baik. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru BK SMP N 2 Kajen diperoleh informasi bahwa masih ada siswa yang melanggar peraturan sekolah, tidak mengerjakan PR yang diberikan guru, ada siswa yang membolos, tidak masuk sekolah tanpa keterangan selama satu minggu dan berkelahi dengan teman hingga dipanggil keruang BK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyesuaian diri siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi sosial dengan teknik sosiodrama, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan informasi bidang sosial dengan teknik soisodrama terhadap penyesuaian diri siswa kelas VIII F SMPN 2 Kajen. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII F dengan jumlah siswa 36 dan sampelnya menggunakan sampel studi populasi sehingga subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII F. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologis yang diberikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase dan uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa penyesuaian diri siswa mengalami peningkatan, peningkatan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) Penyesuaian diri siswa sebelum memperoleh layanan informasi bidang sosial dengan teknik sosiodrama berada pada kriteria sedang (2) Penyesuaian diri siswa setelah memperoleh layanan informasi bidang sosial dengan teknik sosiodrama berada pada kriteria tinggi, (3) Hasil analisis uji t-test menunjukan = 11.927 dan =2.042, jadi > sehingga (Ho) ditolak dan (Ha) diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penyesuaian diri siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi bidang sosial dengan teknik sosiodrama. Simpulan penelitian ini adalah bahwa penyesuaian diri siswa kelas VIII F SMP N 2 Kajen dapat ditingkatkan melalui layanan informasi bidang sosial dengan teknik sosiodrama. Saran yang dapat diberikan hendaknya guru BK meningkatkan kualitas layanan sosial yang sesuai dengan kebutuhan siswa tidak hanya menekankan pada aspek kedisiplinan akan tetapi juga harus menekankan pada penyampaian nilai-nilai pada penyesuaian diri terutama yang kaitanya dengan menerima lingkungan secara objektif, agar siswa lebih menghargai kondisi lingkungan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: penyesuaian diri, layanan informasi bidang sosial, sosiodrama
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Social Relation
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 30 May 2018 09:29
    Last Modified: 30 May 2018 09:29

    Actions (login required)

    View Item