PENGARUH GENDER TERHADAP JENIS KECANDUAN INTERNET IMPLIKASINYA BAGI BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN PEKALONGAN

Tifany Ratnasari , 1301412121 (2017) PENGARUH GENDER TERHADAP JENIS KECANDUAN INTERNET IMPLIKASINYA BAGI BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (689Kb)

    Abstract

    Penelitian ini berdasarkan fenomena yang terjadi di beberapa SMA Negeri di Kabupaten Pekalongan yang menunjukkan bahwa penggunaan internet pada siswa yang berlebihan. Terdapat beberapa fakta tentang akses internet yang dilakukan antara laki-laki dan perempuan. Terkait dengan internet, keberadaan antara laki-laki dan perempuan akan mengkotak-kotak situs apa yang mereka akses. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat kecanduan internet, untuk membandingkan jenis kecanduan internet antara laki-laki dan perempuan, dan untuk mengetahui pengaruh gender terhadap jenis kecanduan internet. Jenis penelitian termasuk dalam penelitian Expost Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri di Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan berjumlah 514 siswa laki-laki dan perempuan dari enam sekolah SMA Negeri di Kabupaten Pekalongan. Variabel prediktor dalam penelitian ini adalah gender (X) dan variabel kriterium adalah jenis kecanduan internet (Y). Hubungan yang digunakan dalam penelitian ini adalah hubungan kausal atau asimetris. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecanduan internet, angket jenis kecanduan internet, pedoman wawancara. Pengujian validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment dan pengujian reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisi mean dan standar deviasi, serta regresi linier sederhana. Hasil penelitian yang pertama, menunjukkan bahwa rerata tingkat kecanduan internet siswa laki-laki (M= 2,27; SD= 1,049) lebih tinggi dari siswa perempuan (M= 2,61; SD= 1,059). Kemudian hasil penelitian yang kedua, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang sangat signifikan antara gender terhadap kecanduan internet (β = 0.945, t = 16.410, p < 0.5). Hasil penelitian yang ketiga, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan jenis kecanduan internet antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Berdasarkan hasil tersebut, maka peneliti memberikan saran bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat dijadikan bahan perbandingan untuk penelitian selanjutnya terkait dengan variabel gender maupun variabel lain yang mempengaruhi perbedaan jenis kecanduan, sehingga mampu menghasilkan secara menyuluruh pengaruh perbedaan jenis kecanduan internet. Selain itu, untuk guru bimbingan dan konseling, diharapkan dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan dalam mengembangkan program bimbingan dan konseling berdasarkan hasil penelitian tersebut terkait dengan tingkat kecanduan internet pada siswa dan perbedaan jenis kecanduan internet antara laki-laki dan perempuan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: gender; kecanduan internet; jenis kecanduan internet.
    Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Gender
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 30 May 2018 08:56
    Last Modified: 30 May 2018 08:56

    Actions (login required)

    View Item