PENGARUH LAYANAN INFORMASI TENTANG DUNIA KERJA TERHADAP KEMANDIRIAN DALAM MEMILIH KARIR PADA SISWA KELAS X TGB SMK NEGERI 1 KEDUNGWUNI PEKALONGAN

Edi Kurnia Konda , 1301412091 (2017) PENGARUH LAYANAN INFORMASI TENTANG DUNIA KERJA TERHADAP KEMANDIRIAN DALAM MEMILIH KARIR PADA SISWA KELAS X TGB SMK NEGERI 1 KEDUNGWUNI PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (660Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena di SMK Negeri 1 Kedungwuni Pekalongan yang menunjukkan adanya permasalahan terkait karir dan pekerjaan. Permasalahan terkait karir dan pekerjaan ini lebih fokus pada rendahnya kemandirian siswa dalam memilih karir. berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mencoba untuk meningkatkan kemandirian siswa dalam memilih karir dengan layanan informasi tentang dunia kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh layanan informasi tentang dunia terhadap kemandirian dalam memilih karir pada siswa kelas X TGB SMK Negeri 1 Kedungwuni Pekalongan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian preexperimental design dengan one group pre-test-post-test. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan 1 berjumlah 30 siswa yang diambil dengan purpossive sampling. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala kemandirian siswa dalam memilih karir dengan teknik analisis data berupa deskripitif prosentase dan uji beda (t-test). Hasil penelitian menunjukkan prosentase tingkat kemandirian siswa dalam memilih karir sebelum diberikan layanan 60% (sedang) dan setelah diberikan layanan menjadi 67% (sedang) dengan peningkatan sebesar 7%. Untuk mengetahui perbedaan tingkat kemandirian siswa dalam memilih karir dilakukan uji beda (t-test). Hasil analisis uji beda menunjukkan bahwa nilai t hitung = 15,290 dengan t tabel = 2,045, maka nilai t hitung> t tabel atau bisa dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat kemandirian siswa dalam memilih karir sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi tentang dunia kerja atau bisa dikatakan bahwa hipotesis peneltian diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa layanan informasi tentang dunia kerja berpengaruh terhadap kemandirian dalam memilih karir pada siswa kelas X TGB SMK Negeri 1 Kedungwuni Pekalongan. Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini yaitu untuk guru BK disarankan untuk lebih mengembangkan konten-konten informasi terkait dunia kerja, karena tujuan awal diadakannya SMK adalah agar siswa lulusannya bisa cepat bekerja ataupun berwirausaha.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Dunia Kerja, Kemandirian Memilih Karir, Layanan Informasi
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Public Service
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 30 May 2018 07:49
    Last Modified: 30 May 2018 07:49

    Actions (login required)

    View Item