HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA PADA SISWA DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2016/2017

Fahmi Nuzulul Huda , 1301412067 (2017) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA PADA SISWA DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena yang terjadi di beberapa SMA Negeri di Kabupaten Purbalingga yang menunjukkan bahwa para siswa telah menggunakan beragam aplikasi yang tersedia di social media. Selain itu melihat fenomena secara umum, saat ini banyak remaja yang mengalami kecenderungan kecanduan pada social media dan salah satu faktor yang mempengaruhi adalah dari segi emosional maupun kognitifnya. Dengan demikian, tujuan penelitian ini untuk mengetahui deskripsi tingkat penggunaan social media, kecerdasan emosional, dan prestasi belajar, serta hubungan antara kecerdasan emosional dengan penggunaan social media, hubungan antara prestasi belajar dengan penggunaan social media, dan hubungan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar dengan penggunaan social media pada siswa SMA. Jenis penelitiannya adalah kuantitatif korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional (X1), prestasi belajar (X2) dan variabel terikatnya adalah penggunaan social media (Y). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4137 siswa kelas XI dan XII. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dan purposive sampling sehingga diperoleh jumlah sampel 226 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala psikologi, angket, dan dokumentasi. Pengujian validitas menggunakan product moment dan pengujian reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis mean dan standar deviasi, product moment, dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan social media memiliki kecenderungan yang tinggi (Mean= 3,45, SD= 0,49). Kemudian kecerdasan emosional memiliki kecenderungan yang sedang (Mean= 3,22, SD= 0,35), dan prestasi belajar siswa masih berada pada kategori belum tuntas (Mean= 74,44, SD = 7,07). Kemudian pada hubungan antara variabel, memperoleh hasil; (1) terdapat hubungan negatif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan penggunaan social media (rxy= - 0,251; p<0,05), (2) terdapat hubungan negatif dan signifikan antara prestasi belajar dengan penggunaan social media (rxy=-0,429; p<0,05), (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar dengan penggunaan social media (ryx1x2=0,472 ≥ 0,138; p<0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara kecerdasan emosional, prestasi belajar, dan penggunaan social media. Jika kecerdasan emosional dan/atau prestasi belajar siswa semakin meningkat, maka penggunaan social media mereka semakin rendah. Sedangkan jika kecerdasan emosional dan/atau prestasi belajar siswa rendah, maka penggunaan social media siswa semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, prestasi belajar, social media
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Emotional Intelligence
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dwi perpus unnes
Date Deposited: 28 May 2018 12:08
Last Modified: 28 May 2018 12:08

Actions (login required)

View Item