PENGELOLAAN PEMBELAJARAN ALPHABET INGGRIS DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI ASEAN COMMUNITY CENTER, KAMPHAENG PHET, RATTAPHUM, SONGKHLA, THAILAND.

Farah Aeny , 1201413010 (2017) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN ALPHABET INGGRIS DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI ASEAN COMMUNITY CENTER, KAMPHAENG PHET, RATTAPHUM, SONGKHLA, THAILAND. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (584Kb)

    Abstract

    Permasalahan pendidikan di Negara Thailand adalah buta alphabet. Buta alphabet merupakan persoalan dari sekian banyak yang harus dipecahkan oleh pemerintah Thailand. Dari hal tersebut munculah salah satu program dari pendidikan non formal yaitu suatu proses pembelajaran yang termasuk program pemberdayaan masyarakat. Dalam hal ini dibahas tentang: Bagaimanakah pengelolaan pembelajaran serta faktor pendukung dan penghambat dari pengelolaan pembelajaran alphabet inggris dalam program pemberdayaan masyarakat di Asean Community Center, Kamphaeng Phet, Rattaphum, Songkhla, Thailand. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan pembelajaran alphabet inggris di Asean Community Center Kamphaeng Phet, Rattaphum, Songkhla, Thailand, dan (2) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pengelolaan pembelajaran alphabet inggris di Asean Community Center Kamphaeng Phet, Rattaphum, Songkhla, Thailand. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di Asean Community Center, Kamphaeng Phet, Rattaphum, Songkhla, Thailand. Subjek penelitian berjumlah 18 orang, antara lain 4 orang fasilitator dan 14 orang peserta didik. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, selanjutnya dilakukan analisis data. Hasil penelitian ini pengelolaan pembelajaran alphabet inggris di Asean Community Center terdapat unsur-unsur dari proses pembelajaran yang meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Evaluasi. Faktor pendukung meliputi, patisipasi aktif dan dukungan dari masyarakat dengan adanya pembelajaran alphabet Inggris, serta sumber dana yang telah disediakan oleh pihak dinas pendidikan. Faktor penghambat meliputi, sarana dan prasarana kurang memadai, buku panduan tentang pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi perlu adanya edisi terbaru, serta pelaksanaan pembelajaran yang belum terstruktur karena proses pembelajaran berjalan aktif ketika kedatangan volunteer. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pengelolaan pembelajaran alphabet Inggris dalam program pemberdayaan masyarakat di Asean Community Center sudah berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Saran dalam penelitian ini yaitu: (1) Perlu adanya pemberian motivasi lebih untuk peserta didik, (2) Perlu meningkatkan penggunaan metode yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan peserta didik, (3) Perlu dilakukan pengamatan terhadap peserta didik pada saat berperilaku di kelas, baik teori dan praktek hubungan cara peserta didik menghormati sesama temannya dan kepada fasilitator.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Pembelajaran, Pemberdayaan, Alphabet Inggris.
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 24 May 2018 12:29
    Last Modified: 24 May 2018 12:29

    Actions (login required)

    View Item