PENGEMBANGAN SISTEM EVALUASI PROGRAM DIKLAT KOMPETENSI TEKNIS DI BPSDMD PROVINSI JAWA TENGAH

Eka Widiyani , 1102413109 (2017) PENGEMBANGAN SISTEM EVALUASI PROGRAM DIKLAT KOMPETENSI TEKNIS DI BPSDMD PROVINSI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (988Kb)

    Abstract

    Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Tengah badan negara yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan Diklat Kompetensi Teknis di wilayah Jawa Tengah. Untuk menjaga kualitas Diklat yang diselenggarakan, pihak Badan melaksanakan evaluasi program. Melaksanakan evaluasi terhadap evaluasi program Diklat Kompetensi Teknis diharapkan akan selalu ada perbaikan terhadap komponen-komponen penyelenggaraan Diklat tersebut. Namun sayangnya masih terdapat beberapa kendala yang terjadi dalam proses evaluasi program Diklat Kompetensi Teknis, mulai dari penulisan instrumen evaluasi yang berlum tepat hingga pengorganisasian tim evaluasi yang belum jelas. Berdasarkan masalah-masalah yang ada maka peneliti memutuskan untuk mengembangkan “Sistem Evaluasi Program Diklat Kompetensi Teknis” sesuai dengan lingkungan dan karakteristik organisasi dari BPSDMD Provisni Jawa Tengah. Pengembangan produk sistem evaluasi ini tak lepas dari kerjasama antara peneliti dan pihak BPSDMD Provinsi Jawa Tengah khususnya Bidang Sertifikasi dan Penjaminan Mutu serta Sub Bidang Pengandalian Mutu dan Kerjasama sebagai pihak yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan evaluasi program di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan 10 langkah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari Sugiyono. Untuk menguji keefektifan dari sistem evaluasi yang sudah dibangun maka peneliti melaksanakan dua kali penelitian penggunaan produk. Yang pertama adalah uji keefektifan produk dari segi peserta Diklat Kompetensi Teknis sebagai evaluator dan yang kedua uji keefektifan dari sudut pandang para pelaksana dan penanggungjawab dari penyelenggaraan Diklat Kompetensi Teknis. Analisis data uji keefektifan produk menggunakan metode statistik deskriptif dan data disajikan dalam bentuk persentase dan digolongkan dalam lima kriteria. Dari sudut pandang peserta Diklat Kompetensi Teknis didapatkan hasil keefektifan produk mencapai 97% (sangat efektif) dan dari sudut pandang para pelaksana serta penanggung jawab evaluasi program Diklat Kompetensi Teknis hasilnya adalah 100% (sangat efektif). Selain data tersebut peneliti juga menggunakan data tambahan berupa tanggapan yang diberikan secara terbuka oleh para pelaksana dan penanggung jawab dari penyelenggraan evaluasi program Diklat Kompetensi Teknis, dan hasilnya secara umum adalah mengapresiasi dan mengatakan bahwa produk Sistem Evaluasi Program Diklat Kompetensi Teknis sangat efektif .

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Sistem, Evaluasi program, Diklat Kompetensi Teknis, BPSDMD Provinsi Jawa Tengah, research and development.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 23 May 2018 13:20
    Last Modified: 23 May 2018 13:20

    Actions (login required)

    View Item