IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA RUMPUN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL ULAMA TENGGULI BANGSRI JEPARA

Muhammad Arwani , 1102413070 (2017) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA RUMPUN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL ULAMA TENGGULI BANGSRI JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (923Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebijakan pemerintah dalam pergantian dan pemberlakukan kurikulum 2013 secara nasional. Madrasah Aliyah wajib mengimplementasikan kurikulum 2013 pada rumpun mata pelajaran agama islam setelah dikeluarkannya peraturan menteri agama nomor 207 tahun 2014 tentang kurikulum madrasah. Madrasah Aliyah yang notabene sekolah bercirikan khusus agama islam memiliki porsi yang lebih banyak dalam mata pelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 pada rumpun mata pelajaran agama islam di Madrasah Aliyah Nadlatul Ulama Tengguli Bangsri Jepara. Berbagai faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kurikulum 2013 pada rumpun mata pelajaran agama islam di Madrasah Aliyah Nadlatul Ulama Tengguli Bangsri Jepara serta upaya yang di lakukan Madrasah Aliyah Nadlatul Ulama Tengguli Bangsri Jepara dalam mengatasi berbagai kendala yang di hadapi dalam implementasi kurikulum 2013 pada rumpun mata pelajaran agama islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 pada rumpun mata pelajaran agama islam di Madrasah Aliyah Nadlatul Ulama Tengguli Bangsri Jepara masih jauhdari kata sempurna. Banyak hal yang perlu dibenahi karena sekolah belum mampu mengimlementasikan kurikulum 2013 pada rumpun mata pelajaran agama islam secara utuh sesuai peraturan dan konsep dari kurikulum 2013. Dalam hal perencanaan pembelajaran guru belum memehami penyusunannya dengan baik. Proses pembelajaran yang dilakukan dalam kelas belum sepenuhnya menggunakan pendekatan saintifik. Penilaian pembelajaran yang dilakukan tidak menggunakan penilaian kurikulum 2013. Melaiankan masih menggunakan desain penilaian kurikulum sebelumnya. Banyak kendala yang dihadapi mulai dari pemahaman sumber daya pengajar, sarana dan prasarana yang belum cukup menunjang, sumber belajar yang masih sangat kurang. Hal ini di atasi oleh sekolah dengan melakuka pembanahan secara bertahap. Pembenahan pada semua aspek yang dilakukan secara bertahap diharapakan mampu mengimplementasi kurikulum 2013 yang utuh.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 23 May 2018 12:38
    Last Modified: 23 May 2018 12:38

    Actions (login required)

    View Item