RELEVANSI KURIKULUM KONSENTRASI PENGEMBANG TEKNOLOGI PEMBELAJARAN JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNNES DENGAN KEBUTUHAN KOMPETENSI DI BPMPK KEMENDIKBUD DAN BPTIKP JAWA TENGAH

Tri Lestari Utami , 1102413054 (2017) RELEVANSI KURIKULUM KONSENTRASI PENGEMBANG TEKNOLOGI PEMBELAJARAN JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNNES DENGAN KEBUTUHAN KOMPETENSI DI BPMPK KEMENDIKBUD DAN BPTIKP JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (938Kb)

    Abstract

    Persaingan yang ketat untuk memasuki dunia kerja juga mendorong masyarakat untuk memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidang yang akan dimasuki dalam dunia kerja. Dalam pengembangan kurikulum ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan, salah satunya yaitu prinsip relevansi atau kesesuaian. Prinsip relevansi salah satunya mencakup relevansi external yaitu isi, tujuan, dan proses pembelajaran harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat atau dunia kerja, sehingga perlulah sebuah penelitian tentang relevansi kurikulum dengan kebutuhan dunia kerja. Penelitian ini mengkaji apa saja kebutuhan kompetensi Pengembang Teknologi Pembelajaran di lapangan kerja, bagaimana kurikulum konsentrasi Pengembang Teknologi Pembelajaran jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP Unnes, serta mengkaji bagaimana relevansi kurikulum konsentrasi Pengembang Teknologi Pembelajaran dengan kebutuhan kompetensi Pengembang Teknologi Pembelajaran di lapangan kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi atau mixed methode dengan menggunakan model sequential explaratory design dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Analisis data kuantitatif dengan analisis kuantitatif deskriptif persentase. Hasil penelitian nenunjukan kebutuhan kompetensi pengembang teknologi pembelajaran di lapangan, yaitu: kompetensi penelitian, kompetensi pengembangan, serta kompetensi pedagogi. Kurikulum konsentrasi pengembang teknologi pembelajaran di jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP Unnes relevan dengan kebutuhan kompetensi di BPMPK Kemendikbud dan BPTIKP Jawa Tengah . Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pengembang teknologi pembelajaran sesuai dengan kurikulum dan diajarkan dalam perkuliahan dengan skor rerata jawaban responden 77,01%. Serta hasil analisis relevansi dokumen kurikulum menunjukan dokumen kurikulum mengandung nilai-nilai yang relevan dengan kebuthan kompetensi pengembang teknologi pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang pengembang teknologi pembelajaran di luar perkuliahan diharapkan jurusan memfasilitasi mahasiswa dengan membuat wadah untuk kegiatan kemahasiswaan yang bergerak di bidang pengembang teknologi pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Relevansi, Kurikulum, Kompetensi, Pengembang Teknologi Pembelajaran
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 23 May 2018 12:23
    Last Modified: 23 May 2018 12:23

    Actions (login required)

    View Item