PEMAHAMAN GURU DALAM PENERAPAN STANDAR PENILAIAN KURIKULUM 2013 (Studi Kasus Guru PPKn, Guru Matematika dan Guru Multimedia di SMK N 1 Kebumen)

Rimbi Wijanti , 1102413053 (2017) PEMAHAMAN GURU DALAM PENERAPAN STANDAR PENILAIAN KURIKULUM 2013 (Studi Kasus Guru PPKn, Guru Matematika dan Guru Multimedia di SMK N 1 Kebumen). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti berawal dari adanya isu bahwa penilaian dalam Kurikulum 2013 susah. Standar Penilaian Kurikulum 2013 sendiri diatur dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Kurikulum 2013. Proses sosialisasi serta pandampingan terkait Standar Penilaian Kurikulum 2013 dilakukan beriringan dengan proses sosialisasi Kurikulum 2013 di sekolah– sekolah yang dilakukan oleh dinas terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur bagaimana pemahaman guru mengenai Standar Penilaian Kurikulum 2013 beserta implementasinya di SMK N 1 Kebumen. Selain itu penelitian ini juga dapat dijadikan bahan refleksi sekolah dalam mengukur pemahaman guru mengenai Kurikulum 2013 dan Standar Penilaian pada khususnya sebagai bahan pertimbangan dalam membuat program pengembangan guru di kemudian hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru mengenai Standar Penilaian Kurikulum 2013 dapat dikatakan baik karena sesuai dengan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Pasal 13 mengenai prosedur penilaian dalam Standar Penilaian Kurikulum 2013 yang didukung dengan analisis dokumen RPP yang disusun oleh guru. Hal ini didukung dengan peroleh nilai rata-rata tahap perencanaan penilaian sebanyak 3,23 yang termasuk kategori baik dari skala tertinggi 4. Proses implementasi Standar Penilaian Kurikulum 2013 sendiri dibagi menjadi dua tahapan yakni tahap pelaksanaan penilaian dan tahap hasil penilaian. Baik tahap pelaksanaan penilaian dan hasil penilaian meliputi tiga ranah yakni ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Proses pengamatan dilakukan oleh peneliti terhadap guru dari proses analisis RPP, pelaksanaan penilaian dan hasil penilaian. Hasil menunjukkan rata-rata hasil tahap pelaksanaan penilaian secara berurutan sebesar 3,425 dan 3,381 dimana masuk kedalam kategori sangat baik. Kendala yang ditemukan di lapangan adalah selama proses implementasi yakni khususnya untuk ranah keterampilan serta kurangnya alokasi waktu yang diberikan sekolah untuk melakukan penilaian. Solusi dalam mengatasi masalah tersebut adalah dengan memasifkan MGMP dalam mengkaji serta mensosialisasikan jenis–jenis penilaian yang sekiranya dapat digunakan oleh guru, serta upaya untuk terus belajar dari guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Standar Penilaian Kurikulum 2013.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dwi perpus unnes
Date Deposited: 23 May 2018 12:17
Last Modified: 23 May 2018 12:17

Actions (login required)

View Item