INTERNALISASI KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA DALAM KONSTRUKSI KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI (Studi Fenomenologi Pada Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Semarang)

Muafid Ardiansyah , 1102413049 (2017) INTERNALISASI KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA DALAM KONSTRUKSI KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI (Studi Fenomenologi Pada Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Globalisasi mengakibatkan perubahan kondisi masyarakat, salah satunya dengan adanya Masyarakat Ekonomi Asean. Hal ini berimbas pada kompetensi yang dibutuhkan untuk menghadapi tuntutan yang semakin kompleks. Sehingga Perguruan Tinggi perlu mempersiapkan lulusannya dengan lebih baik, serta menuntut perubahan pada kurikulum yang digunakan, salah satunya dengan dibentuknya kerangka kualifikasi untuk menjamin kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan zaman dalam bentuk Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). KKNI wajib digunakan dan dikembangkan oleh masing – masing program studi, sesuai Permendikbud no 73 tahun 2013. Program studi Teknologi Pendidikan menggunakan KKNI sejak tahun 2015, masih banyak mahasiswa yang belum mengetahuinya. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan mengetahui bagaimana civitas akademika prodi Teknologi Pendidikan memaknai KKNI dan bagaimana internalisasi KKNI dalam kurikulum prodi Teknologi Pendidikan, serta kebijakan dan program yang diterapkan, disamping kendala maupun hambatan yang dialami dalam menerapkan KKNI. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi, metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, pemilihan informan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling, dengan teknik keabsahan data melalui teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan, bahwa civitas akademika memaknai KKNI secara beragam, dimana KKNI dimaknai sebagai penyetaraan kualifikasi kompetensi, sebagai panduan atau patokan dalam penyusunan kurikulum, sebagai jembatan proses sepanjang hayat, serta sebagai kriteria minimal yang harus dikuasai. Secara administratif, internalisasi KKNI pada dokumen kurikulum dan RPS. Sedangkan, proses internalisasi terjadi dalam perkuliahan dan luar perkuliahan. Dalam perkuliahan dapat dilihat dari model yang digunakan, serta integrasi nilai yang termuat dalam KKNI saat perkuliahan. Diluar perkuliahan, dilakukan melalui lembaga kemahasiswaan, berbagai fasilitas jurusan, serta interaksi yang terjadi. Kemudian dari sisi program dan kebijakan dengan mengadakan pelatihan atau workshop kepada mahasiswa serta adanya kerjasama yang dilakukan, khususnya untuk PPL. Hambatan maupun kendala yang dialami berasal dari dalam maupun luar. Dari dalam seperti sarana dan prasarana, serta sumber daya manusianya. Dari luar lebih bersifat teknis, seperti jadwal yang terbentur libur, maupun kesibukan dari dosen selain mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, KKNI, Kurikulum, Capaian Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dwi perpus unnes
Date Deposited: 23 May 2018 10:31
Last Modified: 23 May 2018 10:31

Actions (login required)

View Item