DIVERSIFIKASI DAN KONTEKSTUALISASI KURIKULUM INTEGRATED ECOFARMING PADA PEMBELAJARAN KECAKAPAN HIDUP Studi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Anugrah Bangsa Kota Semarang

Abdul Asri , 1102412062 (2017) DIVERSIFIKASI DAN KONTEKSTUALISASI KURIKULUM INTEGRATED ECOFARMING PADA PEMBELAJARAN KECAKAPAN HIDUP Studi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Anugrah Bangsa Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1364Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran kecakapan hidup melaui kurikulum lokal integrated ecofarming di PKBM Anugrah Bangsa Semarang pada program paket C. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu kepala PKBM, pengawas pendidikan, tutor paket C yang mengampu mata pelajaran keterampilan fungsional dan siswa kelas XI selama pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah peneliti yang bertindak sebagai instrumen dan dibantu dengan pedoman wawacara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah menggunakan model dari Miles & Huberman yang memiliki tiga tahap yaitu: reduksi data, display data, dan verifikasi data/penyimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kurikulum unggulan integrated ecofarming merupakan sebuah kurikulum yang berisikan meteri pertanian terintegrasi yang meliputi pertanian, perikanan, peternakan, dan energi yang jadikan satu dalam pelajaran keterampilan fungsional. (2) implementasi kurikulum integrated ecofarming meliputi perencanaan pembelajaran kecakapan hidup yang diterapkan mencakup semua mata pelajaran umum yang meliputi keterampilan personal, keterampilan sosial, keterampilan akademik dan keterampilan vokasional dalam pertanian terintegrasi. Pembelajaran dikaitakan dengan konsep tematik sesuai dengan perkembangan psikologis dan fisiologis siswa. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dengan santai dan menyenangkan memungkinkan siswa untuk belajar dengan caranya sendiri dan peran tutor hanya sebagai fasilitator materi pelajaran yang dikaitankan dengan kehidupan sehari-hari menyiapkan siswa untuk siap terjun dilingkungan masyarakat dan berorientasi pada dunia kerja melalui kegiatan outing memberikan pengalaman yang lebih nyata dan bermakna kepada siswa juga melatih jiwa sosialnya. Evaluasi yang dilakukan mencakup tiga point utama yaitu kemampuan dasar, kemampuan terampil dan kemampuan terampil yang ketiganya ini dilakukan selama proses pembelajaran dari awal sampai akhir dan proses selama pembelajaran lebih penting dalam evaluasi. (3) kontektualisasi dan diversifikasi integrated ecofarming dilakukan untuk mengakomodasikan potensi daerah, kebutuhan dan mengakomodasikan perbedaan latar belakang siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kecakapan Hidup, Integrated Ecofarming, Diversifikasi Kurikulum.
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2018 11:49
    Last Modified: 22 May 2018 11:49

    Actions (login required)

    View Item