IMPLEMENTASI GOOGLE CLASSROOM PADA KELAS XI IPA MAN 2 KUDUS


Zedha Hammi , 1102410002 (2017) IMPLEMENTASI GOOGLE CLASSROOM PADA KELAS XI IPA MAN 2 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102410002.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (794kB) | Preview

Abstract

Sumber belajar merupakan komponen yang penting dalam proses belajar mengajar. Seiring perkembangan zaman, sumber belajar kini tidak hanya terpaku oleh buku cetak, namun juga dapat memanfaatkan teknologi e-learning sebagai sumber belajar. Oleh karena itu MAN 2 Kudus juga memanfaatkan teknologi informasi untuk proses kegiatan pembelajaran dengan implementasi Google Classroom. Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses implementasi google classroom pada proses pembelajaran mata pelajaran IPA. (2) Untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA. (3) Untuk mengetahui persepsi guru terhadap kendala pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus yang dilakukan di MAN 2 Kudus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi lapangan dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis, data kontekstual meliputi tiga prosedur yaitu: (1) reduksi; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Proses perencanaan implementasi Google Classroom di MAN 2 Kudus dilakasanakan dengan baik dengan ditunjukan bahwa telah diadakan pelatihan khususs yang diselenggarakan oleh pihak sekolahan (2) Bagi siswa penerapan Google Classroom sebagai media pembelajaran masih kurang efektif disebabkan; a. Google Classroom tidak memiliki fasilitas menulis rumus dan menyertakan gambar untuk penugasan mapel IPA. b. terkendala akses internet dari tidak adanya jaringan data maupun kurangnya hardware pendukung semua siswa untuk pelaksanakan pembelajaran e-Learning. c. Masih banyaknya siswa yang terlambat mengirim tugas dengan alasan durasi waktu penugasan dari guru yang singkat. (3) Masih kurang efektif digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran IPA dikarenakan para guru masih butuh tatap muka langsung untuk menjelaskan materi pelajaran. Dan ada kekurangan fitur untuk menulis rumus dan menyertakan gambar ketika membuat soal baik itu soal pilihan ganda maupun soal esay. Dalam rangka pengoptimalan implementasi Google Classroom, pihak sekolah dapat memberikan fasilitas akses free wifi di semua tempat gedung sekolahan dan komputer umum untuk bisa digunakan dengan para siswa. Serta masukan ke Google untuk dikembangkan lagi fitur menulis rumus & menyertakan gambar dengan mudah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-learning, media pembelajaran, internet, google classroom, LMS, GAFE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 17:02
Last Modified: 21 May 2018 17:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31039

Actions (login required)

View Item View Item