PENGARUH POLA KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD SE-DABIN 1 KECAMATAN LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS

Diah Mutmainah , 1401413030 (2017) PENGARUH POLA KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD SE-DABIN 1 KECAMATAN LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Mutu pendidikan dapat diketahui salah satunya melalui hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah mengalami kegiatan belajar. Ada beberapa faktor yang memengaruhi hasil belajar diantaranya pola komunikasi guru dengan siswa dan kompetensi pedagogik guru. Pola komunikasi yang terjalin baik antara guru dengan siswa akan mempengaruhi hasil belajar siswa, begitu pula dengan kompetensi pedagogik yang dimiliki guru. Semakin baik kompetensi pedagogik yang dimiliki guru, maka semakin baik pula hasil belajar matematika yang diperoleh siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulisan ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pola komunikasi guru dengan siswa dan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar matematika siswa SD se-Dabin 1 kecamatan Lumbir kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penulisan ini yaitu guru kelas SD se-Dabin 1 kecamatan Lumbir kabupaten Banyumas yang berjumlah 72 guru. Teknik pengambilan sampel dalam penulisan ini adalah Nonprobability Sampling dengan jenis Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan angket tertutup. Data penulisan dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola komunikasi guru dengan siswa terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 22%. Selanjutnya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar matematika sebesar 22%. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola komunikasi guru dengan siswa dan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 26,4%. Jadi, semakin baik pola komunikasi guru dengan siswa dan kompetensi pedagogik guru, maka semakin baik pula hasil belajar matematika yang diperoleh siswa SD se-Dabin 1 Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas. Saran penulis adalah perbaiki pola komunikasi antara guru dengan siswa serta tingkatkan kompetensi pedagogik yang dimiliki guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; kompetensi pedagogik guru; pola komunikasi guru dengan siswa.
Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > L Education (General) > Inprovement of Teacher Competence
L Education > L Education (General) > Inprovement of Teacher Competence
L Education > L Education (General) > Inprovement of Teacher Competence
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 21 May 2018 10:29
Last Modified: 21 May 2018 10:29

Actions (login required)

View Item