POLA ASUH ORANG TUA DAN PERAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU MENYIMPANG PADA SISWA DI SD NEGERI 02 BANJARDAWA KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG

Riza Dwi Noviana , 1401413027 (2017) POLA ASUH ORANG TUA DAN PERAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU MENYIMPANG PADA SISWA DI SD NEGERI 02 BANJARDAWA KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (249Kb)

    Abstract

    . Berdasarkan observasi ditemukan kasus perilaku menyimpang. Hasil wawancara dengan guru kelas V SD Negeri 02 Banjardawa Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, diperoleh informasi bahwa perilaku menyimpang dilakukan oleh salah seorang siswa di kelas V. Pertanyaan penelitian yang muncul dari fokus penelitian antara lain pola asuh yang diberikan oleh orang tua terhadap perilaku anak, peran lingkungan sosial terhadap perilaku anak, perilaku menyimpang yang dilakukan oleh anak sebagai akibat pola asuh orang tua dan peran lingkungan sosial, serta solusi untuk mengatasi anak yang berperilaku menyimpang sebagai akibat pola asuh orang tua dan peran lingkungan sosial. Tujuan penelitian mendeskripsikan pola asuh yang diberikan oleh orang tua terhadap anak, mendeskripsikan peran lingkungan sosial terhadap perilaku anak, serta mendeskripsikan perilaku menyimpang yang dilakukan oleh anak sebagai akibat pola asuh orang tua dan peran lingkungan sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa pola asuh yang diberikan orang tua Alex adalah, mereka memberi kebebasan atas apa yang Alex lakukan. Hal lain yang tampak pada lingkungan sosial sekolah Alex, guru kelas Alex sangat berperan besar dalam perubahan perilaku Alex. Beliau melakukan seluruh tugasnya termasuk sebagai guru bimbingan dan konseling. Akan tetapi, berbeda dengan peran lingkungan masyarakat Alex, sebagian besar memberi peran negatif karena terdapat gerombolan anak punkrock yang sering membuat resah masyarakat sekitar. Berdasarkan wasil wawancara dengan beberapa informan, observasi dan dokumentasi penulis mendapat informasi bahwa perilaku menyimpang yang dilakukan Alex termasuk tindakan nonconform saat disekolah ia sering berkelahi dengan teman, mencuri, tidak mengerjakan PR, berangkat terlambat, serta berperilaku tidak sopan kepada guru. Perilaku menyimpang lain yang dilakukan Alex saat di lingkungan masyarakat termasuk penyimpangan dalam bentuk gaya hidup yang lain daripada yang lain, ia sering berkelahi dengan teman dan bermain dengan gerombolan anak punkrock. Simpulan dari penelitian ini adalah pola asuh yang diberikan orang tua pada seorang siswa di kelas VA cenderung pada pola asuh permisif. Sebagian besar lingkungan sosial anak memberi peran yang positif, meskipun ada beberapa yang memberi peran negatif. Perilaku menyimpang yang dilakukan cendering perilaku yang melanggar aturan yang ada, baik di lingkugan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Saran yang diberikan untuk guru diharapkan dapat bekerjasama dan membantu orang tua, bagi orang tua diharapkan lebih memerhatikan anak, sedangkan bagi peneliti lanjutan diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: lingkungan losial, perilaku menyimpang, pola asuh
    Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Child
    L Education > L Education (General) > Motivating Learners
    L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 21 May 2018 10:30
    Last Modified: 21 May 2018 10:30

    Actions (login required)

    View Item