HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN GUGUS HM. SARBINI KABUPATEN KEBUMEN

TITAH AMALIA , 1401413013 (2017) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN GUGUS HM. SARBINI KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (526Kb)

    Abstract

    Laporan Depdiknas tahun 2007 menunjukkan adanya ketidakseimbangan antara ranah kompetensi PKn, aspek sikap dan perilaku, proporsinya relatif lebih sedikit bila dibandingkan dengan ranah pengetahuan, guru juga terkadang mengalami kesulitan untuk memahami SK-KD dalam implementasi pembelajaran, sehingga pelaksanaan pembelajaran kurang optimal. Permasalahan juga terjadi di SDN Gugus HM. Sarbini Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen yaitu dari data hasil belajar PKn siswa kelas V sebanyak 81,82% siswa mendapatkan nilai dibawah KKM. Rumusan masalah penelitian ini untuk mencari koefisien hubungan pola asuh orang tua siswa dengan hasil belajar PKn, koefisien hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar PKn, dan koefisien hubungan pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN di Gugus HM. Sarbini Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan koefisien hubungan pola asuh orang tua siswa dengan hasil belajar PKn, koefisien hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar PKn, dan koefisien hubungan pola asuh orang tua dan motivasi belajar besama – sama terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN di Gugus HM. Sarbini Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN di Gugus HM. Sarbini Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas V sejumlah 92 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1 ) terdapat hubungan positif antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar PKn dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,833, (2) terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar PKn dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,929, (3) terdapat hubungan yang sangat kuat antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn dengan koefisien korelasi sebesar 0,957. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang positif antara pola asuh orang tua, motivasi belajar, dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN di Gugus HM. Sarbini Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen. Saran untuk orang tua hendaknya menerapkan pola asuh demokratis, dan untuk guru hendaknya membantu siswa menumbuhkan motivasi belajarnya dengan cara menciptakan suasana yang kondusif dalam pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pola asuh orang tua, motivasi belajar, hasil belajar,PKn
    Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
    L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
    L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 21 May 2018 10:29
    Last Modified: 21 May 2018 10:29

    Actions (login required)

    View Item