PENGARUH KOMPENSASI, KEPUASAN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI PADA KOMITMEN ORGANISASIONAL PERAWAT RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH TEMANGGUNG


Muhammad Fauzi Annur , 7311413234 (2017) PENGARUH KOMPENSASI, KEPUASAN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI PADA KOMITMEN ORGANISASIONAL PERAWAT RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413234.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Sumber daya manusia dipandang sebagai energi atau kekuatan, yang artinya manusia dianggap sebagai penggerak dari sebuah organisasi. Pergerakan roda organisasi sangat bergantung pada sikap dan perilaku manusia di dalam organisasi. Mempelajari perilaku manusia didalam organisasi merupakan hal yang sangat penting, karena membina dan mempertahankan karyawan yang berpotensial bukanlah hal yang mudah. Salah satu strategi perusahaan guna mempertahankan karyawan adalah dengan terus meningkatkan komitmen organisasional karyawan dengan memperhatikan faktor-faktor yang berpengaruh pada perusahaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisa pengaruh kompensasi, kepuasan kerja dan budaya organisasi pada komitmen organisasional karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat rumah sakit PKU Muhammadiyah Temanggung yang berjumlah 98 perawat dengan sampel sejumlah 98 responden yang ditentukan dengan cara pengambilan sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sampel. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Metode analisa terdiri dari uji instrument (uji validitas dan reliabilitas), analisa deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisa regresi berganda secara parsial menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa H1 diterima dimana kompensasi dapat meningkatkan komitmen organisasional, H2 diterima dimana kepuasan kerja dapat meningkatkan komitmen organisasional, dan H3 diterima dimana budaya organisasi dapat meningkatkan komitmen organisasional. Sehingga semua hipotesis dalam penelitian ini diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat komitmen organisasional perawat rumah sakit PKU Muhammadiyah Temanggung masih tergolong sedang, untuk meningkatkan komitmen organisasional perawat rumah sakit diharapkan memperhatikan mengenai kompensasi yang diberikan, sehingga perawat merasakan kepuasan dalam bekerja serta menerpakan budaya organisasi rumah sakit sehingga membuat perawat bekerja lebih efektif dan tetap bertahan untuk mengabdi pada rumah sakit dengan lebih mensejahterakan perawat dengan memberikan gaji yang sesuai dengan tanggung jawab dan tingkat pendidikan serta adil dalam pembagian pekerjaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompensasi, Kepuasan Kerja, Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasional.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:25
Last Modified: 26 Jun 2019 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30727

Actions (login required)

View Item View Item