PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU AKUNTANSI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ( SMK) DI KOTA SEMARANG

RODIYAH , 3301405602 (2010) PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU AKUNTANSI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ( SMK) DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU AKUNTANSI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ( SMK) DI KOTA SEMARANG ) - Published Version
Download (606Kb)

    Abstract

    Kinerja guru akan menjadi optimal apabila diintegrasikan dengan komponen sekolah baik itu motivasi kerja maupun kepemimpinan kepala sekolah. Bagi seorang guru, motivasi untuk meraih kinerja yang lebih baik sangat diperlukan, dan kepemimpinan kepala sekolah yang baik juga diperlukan. Kepala sekolah yang mampu mendorong dan mengarahkan guru untuk terus maju dan berusaha mencapai tujuan kerja yang telah ditetapkan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru akuntansi SMK di Kota Semarang 2) Adakah pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru akuntansi SMK di Kota Semarang, 3) Adakah pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru akuntansi SMK di Kota Semarang Populasi dalam penelitian ini adalah guru akuntansi SMK di Kota Semarang yang berjumlah 103 guru akuntansi yang berasal dari 26 SMK keahlian bisnis dan manajemen. Sampel ditetapkan menggunakan rumus solvin sebanyak 82 responden dengan menggunakan proportional cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik dengan menggunakan regresi berganda Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh persamaan regresi Y:10,666 + 0,354X1 + 0,192X2 sehingga terdapat pengaruh yang positif antara motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru akuntansi SMK. Dari hasil uji F atau uji simultan diperoleh F hitung sebesar101,631 dengan signifikansi 0,000<0,005 yang berarti regresi tersebut signifkan, maka Ha diterima. Dari hasil uji t atau uji parsial untuk variabel motivasi kerja guru diperoleh t hitung sebesar 6,209 dengan harga signifikan 0,000<0,050 Ha diterima. Sedangkan untuk variabel kepemimpinan kepala sekolah diperoleh t hitung sebesar 6,280 dengan harga signifikan 0,000<0,050 maka Ha diterima. Saran yang diberikan dalam peneliti ini adalah (1) Guru akuntansi hendaknya lebih memotivasi dirinya dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya yang lebih efektif dengan meningkatkan kreativitasnya dalam mengajar (2) Kepala sekolah hendaknya lebih mengefektifkan kepemimpinannya terutama aspek supervisi pada perangkat pembelajaran guru dan pada saat proses pembelajaran, serta aspek jalinan hubungan sosial.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 31 Jul 2011 22:21
    Last Modified: 25 Apr 2015 01:02

    Actions (login required)

    View Item