“Pengaruh Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, Minat, dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Analisis Laporan Keuangan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang Tahun 2001”

Wahyuana Harniasih, 3301401096 (2005) “Pengaruh Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, Minat, dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Analisis Laporan Keuangan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang Tahun 2001”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (“Pengaruh Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, Minat, dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Analisis Laporan Keuangan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang Tahun 2001”) - Published Version
Download (471Kb)

    Abstract

    Mata kuliah Analisis Laporan Keuangan adalah mata kuliah yang penting bagi mahasiswa calon pendidik Akuntansi. Proses Akuntansi Keuangan menghasilkan laporan keuangan, yang akan menjadi sumber utama dalam melaksanakan analisis laporan keuangan. Faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar antara lain minat dan lingkungan belajar. Kenyataan di lapangan menunjukkan masih rendahnya minat belajar mahasiswa terhadap mata kuliah Analisis Laporan Keuangan dan lingkungan belajar yang mempengaruhinya sehingga prestasi belajar Analisis Laporan Keuangan belum maksimal. Permasalahan dalam penelitian ini : 1) Bagaimana gambaran umum lokasi penelitian di Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang? 2) Bagaimana prestasi belajar Akuntansi Keuangan, minat belajar, lingkungan belajar dan prestasi belajar Analisis Laporan Keuangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2001? 3)Bagaimana pengaruh prestasi belajar Akuntansi Keuangan, minat, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Analisis Laporan Keuangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2001 secara parsial maupun simultan ? Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui: 1) Gambaran umum lokasi penelitian di Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.2) Prestasi belajar Akuntansi Keuangan, minat belajar, lingkungan belajar dan prestasi belajar Analisis Laporan Keuangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2001.3) Pengaruh prestasi belajar Akuntansi Keuangan, minat, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Analisis Laporan Keuangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2001 secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan Akuntansi tahun 2001 sebanyak 74 mahasiswa. Populasi ini sekaligus sebagai sempel. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah prestasi belajar Akuntansi Keuangan, minat belajar dan lingkungan belajar, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar Analisis Laporan Keuangan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase, metode analisis regresi linier berganda, uji simultan, uji parsial, koefisien determinasi, evaluasi ekonometrika yang terdiri dari uji normalitas data, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian dipeoleh F hitung = 9,102 dengan probabilitas 0,000 < 0.05. Secara parsial diperoleh thitung untuk prestasi belajar Akuntansi Keuangan sebesar – 1,072 dengan probabilitas 0, 288 > 0,05. Nilai thitung untuk variabel minat belajar sebesar 2,163 dengan probabilitas 0,034< dari 0,05. Nilai thitung untuk lingkungan belajar sebesar 3.312 dengan probabilitas 0.001 < 0,05. Sumbangan minat belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Analisis Laporan Keuangan masingmasing sebesar 6% dan 14%. Secara simultan prestasi belajar Akuntansi Keuangan, minat belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Analisis Laporan Keuangan sebesar 28,1%. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat lima program studi pada jurusan Ekonomi FIS UNNES, sebagian mahasiswa memiliki prestasi belajar Akuntansi Keuangan dan Analisis Laporan Keuangan yang baik, minat yang tinggi, lingkungan yang baik. Ada pengaruh antara prestasi belajar Akuntansi Keuangan, minat dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Analisis Laporan Keuangan. Tidak ada pengaruh antara prestasi belajar Akuntansi Keuangan terhadap prestasi belajar Analisis Laporan Keuangan. Ada pengaruh antara minat belajar terhadap prestasi belajar Analisis Laporan Keuangan. Ada pengaruh antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Analisis Laporan Keuangan. Saran dari penulis yaitu : 1) Untuk mencapai prestasi belajar Analisis Laporan Keuangan yang optimal mahasiswa diharapkan lebih memahami laporan keuangan 2) Hendaknya mahasiswa dapat meningkatkan kesadaran belajar mahasiswa untuk meningkatkan belajar dalam rangka meningkatkan prestasi belajar yang optimal. 3) Hendaknya mahasiswa dapat mengatur waktu belajarnya dengan memberikan prioritas utama pada pemanfaatan sebagian waktu untuk belajar. 4) Bagi pengelola kampus hendaknya dapat menciptakan kondisi lingkungan belajar yang baik yang memberikan rasa nyaman bagi mahasiswa untuk belajar sehingga dapat diperoleh prestasi belajar yang optimal.5) Bagi dosen jurusan ekonomi hendaknya dapat meningkatkan kinerja sehingga dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Akuntansi Keuangan, Minat Belajar, Lingkungan Belajar, Analisis Laporan Keuangan, Perstasi Belajar.
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 25 Mar 2011 04:15
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:58

    Actions (login required)

    View Item