PEMBELAJARAN MELUKIS DENGAN BERBAGAI MEDIA SEBAGAI SARANA PEMENUHAN KEBUTUHAN BERIMAJINASI DAN BEREKSPRESI BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS 4 SLB MANUNGGAL SLAWI

Nita Indriyastuti , 2401411062 (2017) PEMBELAJARAN MELUKIS DENGAN BERBAGAI MEDIA SEBAGAI SARANA PEMENUHAN KEBUTUHAN BERIMAJINASI DAN BEREKSPRESI BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS 4 SLB MANUNGGAL SLAWI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (351Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah ingin memahami dan mendeskripsikan : (1) respon siswa tunarungu; (2) pemenuhan kebutuhan imajinasi dan ekspresi anak tercermin pada hasilkarya anak; dan (3) faktor-faktor yang menghambat dan mendukung proses pembelajaran melukis dengan berbagai media di kelas 4 anak tunarungu SLB B Manunggal Slawi Kabupaten Tegal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan pengamatan terkendali 1,2,3, dan 4 yaitu melukis dengan tarikan benang, melukis dengan tetesan lilin dan tinta, melukis dengan krayon, dan melukis dengan mixmedia krayon, cat air, dan pasta. Lokasi penelitian ini berada di SLB B Manunggal Slawi di Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data deskriptif dilakukan melalui dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon anak tunarungu kelas 4 di SLB B Manunggal Slawi Kabupaten Tegal dalam pembelajaran melukis dengan berbagai media terkait dengan pemenuhan kebutuhan imajinasi dan ekspresi adalah sangat beragam. Imajinasi dan ekspresi siswa semakin meningkat/ berkembang seiring dengan penggunaan media yang beragam. Faktor pendukung semakin meningkat/ berkembang seiring dengan penggunaan media yang beragam. Faktor pendukung proses pembelajaran yaitu perencanaan yang baik dalam pembelajaran, motivasi belajar siswa yang tinggi sedangkan faktor penghambat berupa latar belakang guru bukan dari bidang seni rupa, kurangnya pengetahuan guru terhadap melukis dengan berbagai media, tidak tersedianya sumber belajar dan sulitnya dalam berkomunikasi. Berdasarkan penelitian , saran yang digunakan adalah untuk kepala sekolah perlu membuat kebijakan tentang penyediaan media pembelajaran dan sumber belajar seni rupa yang beragam. Sementara itu, guru perlu merencanaan media pembelajaran melukis yang beragam dan guru menguasai bahan ajar yang akan disampaikan serta siswa perlu meningkatkan keberanian dalam mencoba berbagai media pembelajaran melukis sehingga pengalaman dalam berimajinasi dan berekspresi dapat meningkat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Melukis, Berbagai Media, Berimajinasi dan Berekspresi
    Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > Disability
    H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > Disability

    L Education > Special Education > Art education
    N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 23 Mar 2018 13:47
    Last Modified: 05 Apr 2019 09:33

    Actions (login required)

    View Item