PENGARUH SPIRITUALITAS DI TEMPAT KERJA, KEPEMIMPINAN SPIRITUAL DAN KELEBIHAN BEBAN KERJA PADA KEPUASAN KERJA (Studi pada karyawan PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk.)


Kartikasari Wulandari , 7311413090 (2017) PENGARUH SPIRITUALITAS DI TEMPAT KERJA, KEPEMIMPINAN SPIRITUAL DAN KELEBIHAN BEBAN KERJA PADA KEPUASAN KERJA (Studi pada karyawan PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk.). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413090.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (914kB) | Preview

Abstract

Kepuasan kerja merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh perusahaan. Kepuasan kerja menjadi aspek penting bagi individu/karyawan perusahaan untuk melangsungkan kehidupan dalam organisasi. Organisasi yang menerapkan spiritualitas di tempat kerja dan kepemimpinan spiritual serta menghindari kelebihan beban kerja akan mampu meningkatan kepuasan kerja para karyawannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji apakah spiritualitas di tempat kerja, dan kepemimpinan spiritual dapat meningkatkan kepuasan kerja serta kelebihan beban kerja dapat menurunkan kepuasan kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. bagian produksi SISP yang berjumlah 280 karyawan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 165 karyawan yang diperoleh dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda secara parsial menggunakan IBM SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan spiritualitas di tempat kerja dapat meningkatkan kepuasan kerja (17,284 dan 0,000<0,05% ), kepemimpinan spiritual dapat meningkatkan kepuasan kerja (4,468 dan 0,000<0,05% ), kelebihan beban kerja dapat menurunkan kepuasan kerja ( (-2,697) dan 0,008<0,05% ) sehingga H1, H2 dan H3 diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa spiritualitas di tempat kerja dan kepemimpinan spiritual dapat meningkatkan kepuasan kerja sedangkan kelebihan beban kerja dapat menurunkan kepuasan kerja. Saran dari penelitian ini yaitu hendaknya perusahaan lebih meningkatkan kembali penerapan spiritualitas di tempat kerja dan kepemimpinan spiritual serta menghindari/mengurangi kelebihan beban kerja yang dirasakan oleh para karyawan, agar mampu meningkatkan kepuasan kerja yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Spiritualitas Tempat Kerja, Kepemimpinan Spiritual, Kelebihan Beban Kerja, dan Kepuasan Kerja.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Jun 2019 16:09
Last Modified: 26 Jun 2019 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30492

Actions (login required)

View Item View Item