VARIASI KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN GURU SMA DI KABUPATEN PEMALANG DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA UNTUK KELAS X DENGAN MATERI “SE PRÉSENTER”

Nira Maulida Puspaningrum , 2301410023 (2017) VARIASI KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN GURU SMA DI KABUPATEN PEMALANG DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA UNTUK KELAS X DENGAN MATERI “SE PRÉSENTER”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Keterampilan mengajar bagi seorang guru adalah hal penting apabila ingin menjadi seorang guru yang profesional. Diantara keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai guru adalah keterampilan membuka dan menutup pelajaran. Membuka dan menutup pelajaran sangat penting dalam sebuah pembelajaran karena mempunyai dampak positif terhadap kegiatan pembelajaran disekolah. Adanya kegiatan yang variatif dalam membuka dan menutup pelajaran dapat membantu siswa mengoptimalkan kesiapan ketika memulai pelajaran dan mengakhiri pembelajaran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja variasi keterampilan membuka dan menutup pelajaran yang dilakukan guru bahasa Perancis di kabupaten Pemalang dalam pembelajaran membaca kelas X semester I materi se présenter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah lima guru bahasa Perancis di SMA kabupaten Pemalang. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi untuk mengetahui variasi keterampilan membuka dan menutup pelajaran yang dilakukan guru dan metode dokumentasi untuk mengetahui nama-nama guru bahasa Perancis di SMA kabupaten Pemalang. Validitas yang digunakan adalah validitas konstruk. Reliabilitas pada penelitian ini menggunakan rumus Product-moment. Untuk menganalisis data digunakan analisis deskriptif untuk mendapatkan gambaran tentang variasi keterampilan membuka dan menutup pelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa variasi keterampilan membuka dan menutup pelajaran yang paling sering dilakukan oleh guru bahasa Perancis di SMA kabupaten Pemalang dalam pembelajaran membaca kelas X semester 1 materi se présenter adalah tanya jawab dengan prosentase sebesar 40,5%, sedangkan variasi yang paling sedikit dilakukan adalah eksperimen dengan prosentase sebesar 16,2%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: guru, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, pemelajaran membaca, se présenter.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PB Modern European Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 21 Mar 2018 10:28
Last Modified: 21 Mar 2018 10:28

Actions (login required)

View Item