PERBANDINGAN AFIKS PEMBENTUK VERBA BAHASA INDONESIA DAN BAHASA JAWA

Sitti Hardyanti , 2111413055 (2017) PERBANDINGAN AFIKS PEMBENTUK VERBA BAHASA INDONESIA DAN BAHASA JAWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1000Kb)

    Abstract

    Bahasa Indonesia berasal dari bahasa melayu termasuk rumpun bahasa Austronesia yang telah digunakan sebagai lingua franca atau digunakan sebagai bahasa penghubung dalam kehidupan sehari-hari di wilayah nusantara.Bahasa Indonesia atau bahasa Melayu (Bentuk bahasa sehari- hari sering disebut dengan istilah melayu pasar) merupakan jenis bahasa yang mudah dimengerti dan ekspresif. Kemudahan tersebut menyebabkan bahasa Indonesia memiliki banyak pengguna. Selain bahasa Indonesia yang memiliki banyak pengguna, salah satu bahasa daerah yang terdapat di Indonesia pun memiliki banyak pengguna, yaitu bahasa Jawa. Bahasa Indonesia dan bahasa Jawa memiliki persamaan dan perbedaan yang layak untuk kita teliti, salah satunya adalah bahwa bahasa Indonesia dan bahasa Jawa termasuk rumpun bahasa Austronesia yang sama-sama bersifat aglutinatif. Dilihat dari rumpun bahasa yang sama, bahasa Indonesia dan bahasa Jawa pastilah memiliki persamaan. meskipun demikian bahasa Indonesia dan bahasa Jawa pastilah memiliki perbedaan, mengingat kedua bahasa tersebut merupakan bahasa yang berbeda. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsiperbandingan proses pembentukan verba dengan afiksasi pada bahasa Indonesia dan bahasa Jawa, (2) mendeskripsi perbandingan jenis afiks pembentuk verba bahasa Indonesia dan bahasa jawa, serta (3) mendeskripsi perbandingan makna gramatikal afiks pembentuk verba pada bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan teoretis yakni morfologi dan pendekatan metodologis yakni deskriptiif kualitatif. Data dalam penelitian ini yaitu kata yang diduga menggunakan afiks pembentuk verba, baik pada bahasa Indonesia maupun bahasa Jawa. Pengumpulan data menggunakan dua metode yakni, metode simak beserta aneka tekniknya.Analisis data menggunakan metode agih.Adapun penyajiannya menggunakan metode formal dan informal. Hasil penelitian ditemukan adanya beberapa persamaan dan perbedaan pola pembentukan verba dengan afiksasi pada bahasa Indonesia dan bahasa Jawa.Pada jenis afiks pembentuk verba, jenis afiks pembentuk verba pada bahasa Indonesia dan bahasa Jawa memiliki keragaman dan variasi. Jika dibandingkan, jenis afiks ix bahasa Jawa lebih bervariasi daripada jenis afiks bahasa Indonesia.Makna gramatikal afiks pembentuk verba pada bahasa Indonesia dan bahasa Jawa juga memiliki variasi dan keunikan tersendiri. Pada makna gramatikal terdapat beberapa persamaan makna gramatikal afiks pada bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. Selain itu terdapat juga variasi atau jenis afiks, baik dari bahasa Indonesia maupun bahasa Jawa yang bermakna gramatikal sama. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dilanjutkan pihak lain yang ingin lebih lanjut melakukan penelitian, misalnya dengan meneliti perbandingan tingkat produktivitas afiks pembentuk verba bahasa Indonesia dan bahasa jawa. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi perkembangan keilmuan di bidang morfologi dan perbandingan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: proses pembentukan verba dengan afiksasi, jenis afiks pembentuk verba, makna gramatikal afiks pembentuk verba
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Sastra
    P Language and Literature > PN Literature (General)
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia (S1)
    Depositing User: Eko Handoyo Eko
    Date Deposited: 14 Mar 2018 07:57
    Last Modified: 14 Mar 2018 07:57

    Actions (login required)

    View Item