PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP TINGKAT PENDIDIKAN PEKERJA USIA SEKOLAH HOME INDUSTRY KERUPUK DI DESA KENANGA KECAMATAN SINDANG KABUPATEN INDRAMAYU

Dewi Trisnawati , 3201412058 (2017) PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP TINGKAT PENDIDIKAN PEKERJA USIA SEKOLAH HOME INDUSTRY KERUPUK DI DESA KENANGA KECAMATAN SINDANG KABUPATEN INDRAMAYU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (436Kb)

    Abstract

    Desa Kenanga Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu adalah salah satu yang memiliki jumlah usaha pabrik kerupuk rumahan (home industry) terbesar di Kabupaten Indramayu. Kondisi masyarakat yang bekerja sebagai buruh atau pekerjanya tidak jauh berbeda dengan masyarakat lainnya yang identik dengan kemiskinan dan pendidikan yang rendah, hal ini tentunya akan mempengaruhi pada minat anak untuk melanjutkan pendidikan. Tujuan penelitian ini mengetahui pendapatan orang tua terhadap tingkat pendidikan usia sekolah pekerja home industry di Desa Kenanga Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, Pengambilan sampel menggunaka tehnik Total sampling yaitu teknik pengambilan sampel dimana populasi penelitian berupah seluruh pekerja home industry yang masih memiliki usia sekolah di home industry kerupuk Desa Kenanga Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu sejumlah 60 pekerja.. Variabelnya adalah (1) Pendapatan Orang Tua (2) Tingkat pendidikan pekerja home industry kerupuk Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil simpulan sebagai berikut Hasil pengujian statistik dengan SPSS diperoleh koefisisen korelasi variabel pendapatan orang tua dengan tingkat pendidikan pekerja home industry kerupuk Desa Kenanga Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu sebesar 0,416 dengan signifikansi 0,001 dengan demikian dapat disimpulkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara pendapatan orang tua dengan tingkat pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan: (1) Orang tua sebaiknya meningkatkan pendapatannya dengan cara bekerja lebih giat lagi dan mencari pekerjaan tambahan/sampingan, melalui pelatihan-pelatihan yang ada atu pendidikan informal agar pendapatannya bisa bertambah untuk mencukupi kebutuhan, (2) Orang tua memegang peranan penting terhadap pendidikan anak, jadi sebagai orang tua harus membimbing, mendukung dan memperhatikan pentingnya pendidikan anak. Orang tua tidak boleh memaksakan kehendaknya untuk menyuruh anak bekerja sebelum mereka menyelesaikan pendidikan dasar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pendapatan Orang tua, Tingkat pendidikan anak
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Craftsman Income
    L Education > Special Education > Geography Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 10 Mar 2018 12:02
    Last Modified: 10 Mar 2018 12:02

    Actions (login required)

    View Item