EKSISTENSI SYARAT KHUSUS PADA PENJATUHAN PIDANA BERSYARAT DALAM UPAYA MEWUJUDKAN TUJUAN PEMIDANAAN TERHADAP ANAK STUDI DI PENGADILAN NEGERI UNGARAN

Azam Zaini Mukhtar , 8111413289 (2017) EKSISTENSI SYARAT KHUSUS PADA PENJATUHAN PIDANA BERSYARAT DALAM UPAYA MEWUJUDKAN TUJUAN PEMIDANAAN TERHADAP ANAK STUDI DI PENGADILAN NEGERI UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penjatuhan pidana atau pengenaan tindakan kepada anak pada hakikatnya selalu mempertimbangkan kepentingan terbaik bagi Anak, untuk itu jenis pidana yang dapat dijatuhkan telah diatur secara khusus didalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 salah satunya adalah ketentuan pidana bersyarat yang mengatur Hakim harus memberikan syarat umum dan syarat khusus kepada anak selama masa percobaan. Namun pada praktiknya di Pengadilan Negeri Ungaran dalam beberapa putusan Hakim yang menjatuhkan pidana bersyarat, tidak semuanya memberikan syarat khusus kepada Anak Permasalahan dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pertimbangan hakim dalam memberikan syarat khusus pada penjatuhan pidana bersyarat kepada anak?, (2) Bagaimana kedudukan syarat khusus pada penjatuhan pidana bersyarat dalam upaya mewujudkan tujuan pemidanaan terhadap Anak di Pengadilan Negeri Ungaran? Metode penelitian skripsi ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, dengan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan jenis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah data primer yang berupa hasil wawancara sebagai data utama dan data sekunder sebagai data pelengkap. Adapun teknik pengumpulan data dalam skripsi ini dengan wawancara dengan Hakim Anak yang menjatuhkan pidana bersyarat. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertimbangan hakim dalam memberikan syarat khusus didasarkan pada pertimbangan yuridis dan non yuridis. Terdapat pertimbangan yang berbeda dalam memberikan syarat khusus yaitu yang pertama didasarkan atas berat ringanya perbuatan dan kedua didasarkan pada upaya perbaikan perilaku anak di masa depan. Kedudukan syarat khusus yaitu, sebagai fungsi special prevention dan general prevention dan harus dicantumkan didalam putusan perbedaan kedudukan perbedaan merupakan berat ringanya pidana, pemberian syarat khusus diberikan dengan cara memberitahukan kepada orang tua. Simpulan dalam penelitian ini terdapat pertimbangan yang berbeda oleh Hakim dalam memberikan syarat khusus yaitu sebagai sarana perbaikan dan berat ringanya perbuatan, belum terdapat kesamaan terkait kedudukan syarat khusus dikarenakan pandangan yang berbeda dari hakim tentang syarat khusus. Saran pertimbangan syarat khusus didasarkan untuk kepentingan terbaik bagi anak, hakim harus mencantumkan syarat khusus terkait dengan pengawasan dan pembimbingan oleh Jaksa dan Pembimbing Kemasyarakatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Syarat Khusus,Pidana Bersyarat,Anak,
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Mar 2018 08:41
Last Modified: 09 Mar 2018 08:41

Actions (login required)

View Item