PELAKSANAAN PERATURAN BUPATI SLEMAN NOMOR 40 TAHUN 2015 TENTANG PENGESAHAN PERTELAAN DAN AKTA PEMISAHAN RUMAH SUSUN (Studi Kasus Jual Beli Unit Rumah Susun Apartemen Student Park di Yogyakarta)

MAULANA SANTOSO , 8111413229 (2017) PELAKSANAAN PERATURAN BUPATI SLEMAN NOMOR 40 TAHUN 2015 TENTANG PENGESAHAN PERTELAAN DAN AKTA PEMISAHAN RUMAH SUSUN (Studi Kasus Jual Beli Unit Rumah Susun Apartemen Student Park di Yogyakarta). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Berdasarkan Peraturan Bupati Sleman Nomor 40 Tahun 2015 Tentang Pengesahan Pertelaan Dan Akta Pengesahan Rumah Susun dijelaskan bahwa dalam pembangunan rumah susun wajib memiliki perizinan pertelaan. Tercatat di Student Park Apartement berlokasi di Jl. Seturan Raya No. 1, Seturan, Catur Tunggal, Depok, Sleman 55281 di Yogyakarta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan Peraturan Bupati Sleman Nomor 40 Tahun 2015 Tentang Pengesahan Pertelaan Dan Akta Pemisahan Rumah Susun terhadap apartemen Student Park? (2) Bagaimana peran dan tanggung jawab Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Sleman terhadap pemenuhan prosedur pembangunan Apartemen Student Park berdasarkan Peraturan Bupati Sleman Nomor 40 Tahun 2015 Tentang Pengesahan Pertelaan Dan Akta Pemisahan Rumah Susun? Dengan tujuan untuk mengetahui penegakan hukum dalam pelaksanaan Peraturan Bupati Sleman Nomor 40 Tahun 2015 Tentang Pengesahan Pertelaan Dan Akta Pemisahan Rumah Susun khususnya dalam hal pertelaan di Student Park Apartement. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan penelitian yuridis sosiologis. Data yang dikumpulkan yaitu data primer dan data sekunder. Keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan : Pelaksanaan Peraturan Bupati Sleman Nomor 40 Tahun 2015 Tentang Pengesahan Pertelaan Dan Akta Pemisahan Rumah Susun oleh Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Sleman tidak dilaksanakan sesuai dengan baik. Hal ini dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya :Pelaksanaan PerBup Nomor 40 Tahun 2015 belum sesuai dengan apa yang ada pada faktanya yaitu pertelaan masih belum diterbitkan namun sudah terjadi penjualan unit apartemen. Peran dan tanggung jawab BPMP2T Kabupaten Sleman yang tidak tegas dalam menegakkan PerBup Sleman Nomor 40 Tahun 2015 yang ditunjukkan hanya dengan himbauan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hukum Apartemen, Pembangunan, Pertelaan
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 08 Mar 2018 13:16
Last Modified: 08 Mar 2018 13:16

Actions (login required)

View Item