HUBUNGAN ALIENASI POLITIK DENGAN PARTISIPASI POLITIK DALAM PEMILIHAN UMUM RAYA KAMPUS PADA MAHASISWA FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNNES

Achmad Dzulfikar Zakhir , 1511412036 (2017) HUBUNGAN ALIENASI POLITIK DENGAN PARTISIPASI POLITIK DALAM PEMILIHAN UMUM RAYA KAMPUS PADA MAHASISWA FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Keberadaan alienasi politik pada mahasiswa menjadi sebuah penghambat partisipasi politik pada mahasiswa. Salah satunya adalah PEMIRA KM UNNES yang memprihatinkan bila diambil rata-rata mahasiswa yang tidak menggunakan hak pilih sekitar 75,7% dalam jangka waktu 2 tahun periode terakhir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat alienasi politik dan tingkat partisipasi politik pada mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni UNNES. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hubungan alienasi politik dengan partisipasi politik dalam pemilihan umum kampus raya pada mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni UNNES. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian dari penelitian ini adalah penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni UNNES dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan a two stage sampling cluster atau sampel wilayah dengan dua tahapan 648 subjek. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala Likert. Teknik uji validitas dalam penelitian ini yang digunakan adalah teknik korelasi product moment dari Karl Person dan pengujian reliabilitas terhadap aitem-aitem yang valid dalam penelitian ini menggunakan teknik Alpha Cronbach dengan menggunakan bantuan program pengolahan data. Metode analisis statistik yang digunakan penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment dari Karl Pearson, yang dilakukan dengan menggunakan bantuan program pengolahan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gambaran umum partisipasi politik pada mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni UNNES pada kategori sedang cenderung rendah. Sedangkan, gambaran umum partisipasi politik pada mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni UNNES pada kategori sedang cenderung tinggi. Koefisien korelasi rxy = -0,237 dengan p = 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan diterima, bahwa mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni UNNES yang merasakan teralienasi (terasing) dengan kegiatan-kegiatan yang berlabelkan politik maka ada kemungkinan tidak akan ikut untuk berpartisipasi dalam dunia politik seperti student government, PEMIRA KM UNNES. Sebaliknya, mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni UNNES yang ikut untuk berpartisipasi dalam dunia politik seperti student government, PEMIRA KM UNNES, dan kegiatan-kegiatan partisipasi politik lainnya maka ada kemungkinan tidak akan merasakan teralienasi (terasing) dengan kegiatan-kegiatan yang berlabelkan politik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Alienasi Politik, Partisipasi Politik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
J Political Science > JA Political science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 08 Mar 2018 10:02
Last Modified: 08 Mar 2018 10:02

Actions (login required)

View Item