PERLINDUNGAN HUKUM APLIKASI KARYA CIPTA LAGU ANAK DI PLAYSTORE DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA

Roy Kristian , 8111413171 (2017) PERLINDUNGAN HUKUM APLIKASI KARYA CIPTA LAGU ANAK DI PLAYSTORE DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Lagu anak termasuk Ciptaan yang dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Lagu anak sekarang ini untuk yang bentuknya CD/DVD original sangat sulit didapatkan, sehingga hal ini dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk membuat Aplikasi lagu anak dan diunggah di Playstore. Pengunggahan ini memanfaatkan kondisi masyarakat yang kebanyakan memiliki Handphone berbasis Android untuk memudahkan pemasarannya. Rumusan masalah penelitian ini: (1) Pelanggaran Aplikasi Karya Cipta Lagu Anak di Playstore ditinjau Dari Undang-Undang Hak Cipta; (2) Perlindungan Hukum Aplikasi lagu anak ditinjau dari Undang-Undang Hak Cipta. Penelitian menggunakan pendekatan yuridis empiris, yaitu penelitian hukum dengan data lapangan sebagai data primernya, yang kemudian diteruskan dengan data sekunder yang berupa bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Hasil penelitian: (1) Pelanggaran hak moral Pencipta lagu anak dilakukan oleh Developer karena tidak mencantumkan nama Pencipta lagu pada aplikasi yang mereka buat dan Developer juga melanggar hak ekonomi Pencipta/Pemegang hak cipta, karena penggunaan lagu anak sama sekali tidak memperoleh izin dari Pencipta/Pemegang Hak Cipta serta dari pengunggahan aplikasi tersebut Developer memperoleh manfaat ekonomi; (2) Perlindungan hukum Hak Cipta belum bisa menjangkau pada Aplikasi lagu anak, karena penyebarannya pada sistem digital sulit atau jauh dari pengawasan Pencipta/Pemegang Hak Cipta. Simpulan dari penelitian ini: (1) Pelanggaran lagu anak berbasis aplikasi terjadi karena jauh/sulit dijangkau dari pengawasan Pencipta dan aplikasi lagu anak menjadi pilihan mudah bagi para orang tua yang kesulitan memperoleh CD/DVD original lagu anak; (2) Perlindungan hukum preventif Hak Cipta dapat dilakukan melalui sosialisasi Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta kepada masyarakat oleh Pihak Kemenkumham Jawa Tengah dan Pencipta/Pemegang Hak Cipta serta melalui Sarana Kontrol Teknologi yang diatur dalam Undang-Undang Hak Cipta. Perlindungan hukum represif memerlukan peran aktif dari Pencipta dan/atau Pemegang Hak Cipta sebagai pihak yang berkepentingan untuk mengawasi penggunaan Ciptaan mereka oleh pihak lain, karena Undang-Undang Hak Cipta bersifat delik aduan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelanggaran, Aplikasi Playstore, Lagu Anak, Undang-Undang Hak Cipta.
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 07 Mar 2018 08:47
Last Modified: 07 Mar 2018 08:47

Actions (login required)

View Item