PENERIMAAN ORANG TUA TERHADAP KEHAMILAN PRANIKAH (Studi Kasus pada Orang tua yang Memiliki Anak Usia Remaja Hamil diluar Nikah)

Nahdia Sofiana , 1511410029 (2017) PENERIMAAN ORANG TUA TERHADAP KEHAMILAN PRANIKAH (Studi Kasus pada Orang tua yang Memiliki Anak Usia Remaja Hamil diluar Nikah). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (779Kb)

    Abstract

    Anak yang sudah beranjak remaja biasanya akan lebih banyak menghabiskan waktunya diluar rumah, hal tersebut biasanya mereka gunakan sebagai jalan untuk mencari jati diri. Namun pada kenyataanya, yang ada di lapangan, remaja sekarang justru lebih banyak terjerumus ke hal – hal negatif. Banyak remaja di Indonesia yang bermasalah. Permasalahan remaja yang semakin kompleks dan beragam membuat masyarakat terutama orang tua menjadi khawatir. Salah satu permasalahan remaja yang paling disorot saat ini adalah seks bebas atau perilaku seks pranikah. Kekhawatiran yang muncul wajar adanya karena dampak negatif dari perilaku seks pranikah adalah kemungkinan remaja itu hamil diluar nikah. Kehamilan Pranikah bagi sebagian orang tua itu merupakan sebuah aib keluarga. Banyak orang tua yang tidak bisa menerima kehamilan pranikah anaknya karna mereka merasa anaknya telah membuat malu keluarga, namun tidak sedikit pula orang tua yang menerima dengan ikhlas keadaan anaknya tersebut. Hal ini berkaitan dengan penerimaan diri orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan design penelitian studi kasu single case single subject. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerimaan orang tua terhadap kehamilan pranikah anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik wawancara semi terstruktur dan observasi. Data analisis melalui tiga tahapan: reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan gambaran penerimaan diri pada BM dan YN. BM membutuhkan waktu satu tahun untuk bisa menerima kenyataan bahwa anaknya hamil diluar nikah, sedangkan YN hanya butuh waktu tiga bulan saja untuk bisa kembali menata hidupnya. Faktor yang melatarbelakangi penerimaan BM dan YN adalah pemahaman diri, Harapan yang Realistis, Hambatan dari lingkungan yang Berhasil Dihadapi, Keberhasilan Mengelolan Emosi dan Stres, Identifikasi dengan Orang yang Memiliki Penyesuaian Diri yang Baik, Cara Seseorang Melihat Diri Sendiri.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Penerimaan Orang Tua, Kehamilan Pranikah, Remaja
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 06 Mar 2018 10:25
    Last Modified: 04 Apr 2019 10:41

    Actions (login required)

    View Item