PELAKSANAAN STANDAR NASIONAL PENGASUHAN ANAK UNTUK LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) PUTRI ‘AISYIYAH KABUPATEN SEMARANG

Dwi Rahayu , 8111413070 (2017) PELAKSANAAN STANDAR NASIONAL PENGASUHAN ANAK UNTUK LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) PUTRI ‘AISYIYAH KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1637Kb)

    Abstract

    Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak memiliki Standar Nasional Pengasuhan Anak yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dengan pemenuhan empat dasar hak, yaitu hak hidup, tumbuh kembang, perlindungan dan berpasrisipasi. Rumusan masalah yaitu bagaimanakah pelaksanaan Standar Nasional Pengasuhan Anak untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak dan apa sajakah hambatan yang dihadapi Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Putri „Aisyiyah Kabupaten Semarang. Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis pelaksanaan Standar Nasional Pengasuhan Anak untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (2) mengidentifikasi dan menganalis hambatan yang dihadapi oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Putri „Aisyiyah Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan yuridis empiris dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dengan observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Sedangkan analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan, hasil penelitian (1) Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Putri „Aisyiyah Kabupaten Semarang sudah terakreditasi sejak tahun 2015 bagi Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Putri „Aisyiyah Tuntang dan tahun 2016 untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Keluarga Sakinah Banyubiru. (2) Jumlah anak asuh LKSA Putri „Aisyiyah Tuntang 57 anak dan jumlah pengasuh satu. Jumlah anak asuh LKSA Keluarga Sakinah Banyubiru 13 anak dan jumlah pengasuh satu (3) Sarana dan prasarana yang ada di Lembga Kesejahteraan Sosial Anak Putri „Aisyiyah Tuntang dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Keluarga Sakinah Banyubiru sudah cukup memenuhi Standar Nasional Pengasuhan Anak. Hambatan yang dihadapi oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Putri „Aisyiyah Tuntang dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Keluarga Sakinah yaitu terkait dengan Sumer Daya Manusia yang ada untuk pengasuhan anak belum mendapatkan pelatihan tentang pengasuhan anak. Simpulan dari penelitian ini Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Putri „Aisyiyah Kabupaten Semarang secara umum sudah memenuhi Standar Nasional Pengasuhan Anak. Namun masih ada beberapa hambatan yang dihadapi berupa sumber daya manusia yang belum mencukupi untuk pelayanan pengasuhan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Standar Nasional Pengasuhan Anak, dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak
    Subjects: K Law > K Law (General)
    K Law > KB Hukum
    Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
    Depositing User: Indah Tri Pujiati
    Date Deposited: 06 Mar 2018 07:32
    Last Modified: 06 Mar 2018 07:32

    Actions (login required)

    View Item