KENDALA PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI BAGI GURU DI SMA NEGERI KOTA TEGAL

NOVA WIDYA PRATAMA , 3201411092 (2017) KENDALA PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI BAGI GURU DI SMA NEGERI KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (458Kb)

    Abstract

    Kurikulum 2013 adalah langkah lanjutan pengembangan kurikulum yang telah ada sebelumnya yaitu KTSP 2006. Perubahan kurikulum menghadirkan beberapa perbedaan dengan kurikulum yang sebelumnya, hal ini menjadi sebuah tantangan bagi guru untuk dapat melaksanakan kegiatan pelaksanaan pembelajaran dengan baik sesuai peraturan yang berlaku khususnya guru mata pelajaran geografi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala apakah yang dihadapi guru geografi dalam pelaksanaan, perencanaan dan evaluasi pembelajaran kurikulum 2013. Populasi penelitian ini berjumlah 10 guru dengan pengambilan sampel menggunakan total sampling, sehingga sampel diambil seluruhnya dari jumlah populasi. Variabel pada penelitian ini adalah kendala pelaksanaan kurikulum 2013 dalam kegiatan belajar mengajar mata pelajaran geografi bagi guru SMA N di Kota Tegal yang meliputi beberapa sub variabel perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Data yang diperoleh di analisis dengan diskriptif persentase, dengan cara menggambarkan dalam tabel persentase dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan gambaran guru dalam melaksanakan pembelajaran sebagai berikut: (1). RPP yang telah disusun masih terdapat kesalahan dan kurang penyerpurnaan yaitu pada tujuan pembelajaran,KI dan KD, sumber belajar dan skenariopembelajaran ; (2). Kegiatan pembelajaran terdapat kendala pada pendahuluan dan kegiatan inti ; (3). Kendala pada penilaian sikap meliputi mengamati perilaku peserta didik selama pembelajaran, mencatat perilaku peserta didik dengan menggunakan lembar observasi/pengamatan dan men indaklanjuti hasil pengamatan. Kendala pada penilaian pengetahuan dan keterampilan meliputi melaksanakan penilaian dan memanfaatkan hasil penilaian. Saran dalam penelitian ini sebagai berikut: (1). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebaiknya diteliti lebih lanjut sebelum diterapkan pada kegiatan belajar mengajar, disusun sesuai dengan permendikbud No 22 Tahun 2013; (2). Perlu peningkatan kedisiplinan waktu dalam pelaksanaan pembelajaran, sehingga apa yang telah direncanakan pada RPP dalam dilaksanakan dengan baik dan tepat; (3). Penilaian yang dilakukan oleh pendidik sebaiknya lebih diperhatikan lagi supaya sesuai dengan permendikbud No 23 Tahun 2016 serta sesuai dengan panduan penilaian Direktorat Jenderal Pendidik Dasar dan Menengah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kendala, kurikulum 2013, geografi
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    L Education > Special Education > Geography Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 05 Mar 2018 11:15
    Last Modified: 05 Mar 2018 11:15

    Actions (login required)

    View Item