PENGARUH PENGETAHUAN RTH (Ruang Terbuka Hijau) IBU RUMAH TANGGA TERHADAP PENYEDIAAN RTH PEKARANGAN DI KELURAHAN PALEBON KECAMATAN PEDURUNGAN KABUPATEN KOTA SEMARANG TAHUN 2017

Elvita Safitri , 3201411040 (2017) PENGARUH PENGETAHUAN RTH (Ruang Terbuka Hijau) IBU RUMAH TANGGA TERHADAP PENYEDIAAN RTH PEKARANGAN DI KELURAHAN PALEBON KECAMATAN PEDURUNGAN KABUPATEN KOTA SEMARANG TAHUN 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (431Kb)

    Abstract

    Meningkatnya urbanisasi di perkotaan mendorong naiknya permintaan akan lahan pemukiman dan industri. Kondisi ini menyebabkan fenomena alih fungsi lahan dari ruang terbuka menjadi kawasan terbangun.Dampak yang timbul adalah berkurangnya ruang terbuka hijau perkotaan. Kuantitas ruang terbuka hijau yang semakin berkurang diiringi dengan kualitas yang rendah menyebabkan keseimbangan daya dukung ekologis lingkungan kota tidak terjaga pada akhirnya dapat menimbukan kerusakan lingkungan pusat kota berupa rob, banjir, dan polusi. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Tingkat Pengetahuan Ibu Rumah Tangga mengenai RTH di Kelurahan Palebon, (2) Untuk mengetahui Tingkat Penyediaan RTH Pekarangan di Kelurahan Palebon, (3) Untuk mengetahui pengaruh Tingkat Pengetahuan terhadap Penyediaan RTH Pekarangan di Kelurahan Palebon. Populasinya adalah ibu rumah tangga yang memiliki rumah tinggal dan pekarangan di Kelurahan Palebon Kecamatan Pedurungan Kota Semarang.Jumlah populasi adalah 2.916 orang.Teknik pengambilan sampelnya simple random sampling.Jumlah sampel sebanyak 146 orang.Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu tingkat pengetahuan.Sedangkan variabel terikatnya adalah tingkat penyediaan RTH Pekarangan.Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, angket dan dokumentasi.Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah Deskriptif Persentase dan Regresi Sederhana. viii Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ibu rumah tangga di Kelurahan Plebon memiliki tingkat pengetahuan yang bervariasi, yaitu 11,6% sangat baik, 40,4% baik, 44,6% cukup baik, 3,4% kurang baik. Sedangkan tingkat penyediaan RTH Pekarangan 35% sangat baik, 62% baik, 5% cukup baik. Ada pengaruh antara tingkat pengetahuan terhadap tingkat penyediaan RTH Pekarang dengan perolehan r2 hitung sebesar 17,1%. Simpulan yang dapat diambil oleh peneliti antara lain: (1) secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan pengetahuan Ibu Rumah Tanggga mengenai Ruang Terbuka Hijau (RTH) Cukup Baik, (2) rata-rata tingkat penyediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kelurahan Palebon Baik, (3) Adanya pengaruh yang signifikanantara pengetahuan ibu rumah tangga mengenai Ruang Terbuka Hijau (RTH) dengan tingkat penyediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pekarangan di Kelurahan Palebon. Saran yang diajukan adalah (1) Sebaiknya pihak terkait lebih intens lagi dalam melakukan penyuluhan dan bimbingan pada ibu rumah tangga terkait pentingnya ruang terbuka hijau pekarangan bagi kelangsungan kehidupan manusia sehingga mereka memiliki motivasi untuk menyediakan ruang terbuka hijau, (2) Sebaiknya ibu-ibu yang telah memahami pentingnya ruang terbuka hijau meningkatkan implementasi pengetahuannya mengenai Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pekarangan di sekitar rumahnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: tingkat pengetahuan, ibu rumah tangga, tingkat penyediaan RTH Pekarangan.
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Public Service
    L Education > Special Education > Geography Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 05 Mar 2018 10:23
    Last Modified: 05 Mar 2018 10:23

    Actions (login required)

    View Item