TINJAUAN YURIDIS TENTANG PERLINDUNGAN HUKUM BAGI GURU TERKAIT TINDAKAN PEMBERIAN HUKUMAN (PUNISHMENT) TERHADAP UPAYA MENDISIPLINKAN SISWANYA

MIRZA HAIKAL , 8111412193 (2017) TINJAUAN YURIDIS TENTANG PERLINDUNGAN HUKUM BAGI GURU TERKAIT TINDAKAN PEMBERIAN HUKUMAN (PUNISHMENT) TERHADAP UPAYA MENDISIPLINKAN SISWANYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Guru dan murid merupakan elemen dalam mendukung terciptanya kegiatan belajar dan mengajar. Kebijakan pemerintah menetapkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen memberikan kewenangan atributif kepada pemerintah dan pemerintah daerah dalam melindungi guru salah satunya adalah perlindungan hukum. Pemberian hukuman terhadap murid sering diartikan sama dengan tindak kekarasan, penganiayaan, penganiayaan, penyiksaan dan tindakan tidak manusiawi oleh orangtua murid. Rumusan masalah: 1) Bagaimana upaya perlindungan hukum bagi guru terkait kasus tindakan pemberian hukuman (punishment) kepada siswanya. 2) Bagaiman batasan tindakan yang dapat dilakukan oleh guru dalam upaya mendisiplinkan siswanya. Tujuan penelitian yaitu: Memberikan masukan tentang perlindungan guru dalam upaya mendisiplinkan siswa yang mungkin termasuk dalam kategori kewajaran serta untuk mengetahui dan menganalisis batasan hukuman yang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan penelitian yuridis-normatif. Sumber data terdiri dari data primer sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian dan pembahasan: 1) Upaya perlindungan hukum bagi guru dalam mendisiplinkan siswanya sesuai dengan Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen 2) Batasan guru dalam melakukan pendisiplinan sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017. Simpulan dari penelitian ini adalah: Kebijakan pemerintah menetapkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen memberikan kewenangan atributif kepada pemerintah dan pemerintah daerah dalam melindungi guru yang mencakup perlindungan hukum terhadap tindak kekerasan, ancaman, perlakuan diskriminatif, intimidasi, atau perlakuan tidak adil dari pihak peserta didik, orang tua peserta didik, masyarakat, birokrasi, atau pihak lain. Saran dari penelitian: Jelas kiranya tindakan guru dalam melakukan pendisiplinan merupakan tindakan yang sesuai hukum. Namun demikian, bukan berarti guru boleh sewenang-wenang tanpa batas dalam melakukan pendisiplinan kepada murid/siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum; Profesi Guru; Disiplin.
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 05 Mar 2018 07:14
Last Modified: 05 Mar 2018 07:14

Actions (login required)

View Item