PENGARUH MOTIVASI DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN II KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL

Fitria Isnaini , 1401413004 (2017) PENGARUH MOTIVASI DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN II KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (634Kb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa Kepala SD Negeri Dabin II Kecamatan Margadana, diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa SD kelas V tergolong rendah dibandingkan dengan kecamatan lain di Kota Tegal. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah motivasi belajar dan sumber belajar siswa yang kurang maksimal. Ada dua faktor yang memengaruhi keberhasilan belajar siswa, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal salah satunya adalah motivasi belajar, faktor eksternal salah satunya adalah sumber belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: “Adakah pengaruh motivasi dan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Dabin II Kecamatan Margadana Kota Tegal?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Dabin II Kecamatan Margadana Kota Tegal. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Dabin II Kecamatan Margadana Kota Tegal sebanyak 349 siswa dengan jumlah sampel penelitian 194 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan one sample t test, analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda (R), koefisien determinan (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel (8,613>1,972) dengan pengaruh sebesar 27,9%; (2) ada pengaruh yang signifikan sumber belajar terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel (8,004>1,972) dengan pengaruh sebesar 25,00%; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan sumber belajar yang ditunjukkan dengan nilai rhitung>rtabel (0,813>0,140); (4) ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan sumber belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung>Ftabel (39,677>3,064) dengan pengaruh sebesar 29,4%. Disimpulkan bahwa motivasi belajar dan sumber belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri Dabin II Kecamatan Margadana Kota Tegal. Saran peneliti harus ada kerjasama yang baik antara guru, pihak sekolah, dan orang tua, tentang motivasi yang dimiliki siswa dalam belajar serta tentang penyediaan buku bacaan untuk siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: hasil belajar; motivasi belajar; sumber belajar
    Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
    L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
    Date Deposited: 21 May 2018 08:47
    Last Modified: 21 May 2018 08:47

    Actions (login required)

    View Item